box bayi

Picture by : https://www.jeparaheritage.id/

Sudah jadi hal yang lumrah ya, kalau berbagai perlengkapan bayi perlu dibersihkan dan dirawat dengan lebih teliti. Hal ini erat kaitannya dengan tingkat imunitas bayi yang masih sangat rendah sehingga rentan sakit jika bersinggungan dengan sesuatu yang kotor. Nah, buat kamu yang baru saja jadi ibu, penting banget untuk memperhatikan perawatan box bayi yang jadi tempat tidur si kecil. Yuk, simak informasi berikut dan mulai praktekkan sekarang juga!

Letakkan di Tempat Kering

Jamur termasuk hal yang berbahaya untuk bayi karena bisa menginfeksi saluran pernapasannya. Itulah mengapa penting sekali untuk meletakkan box bayi di tempat yang kering. Sebisa mungkin jauhkan box bayi dari dinding dan letakkan di area yang bisa terkena sinar matahari serta udara segar.

Letakkan di Tempat Rata

Selain tidak boleh diletakkan di tempat yang lembap, kamu juga wajib meletakkan box bayi di atas permukaan lantai yang rata. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keseimbangan box itu dan tidak mudah miring ketika ada beban di atasnya.

Bersihkan kasur setiap hari

Kasur merupakan tempat di mana bayi menghabiskan sebagian besar waktunya dalam sehari. Oleh karena itu, bersihkan secara berkala pada bagian tersebut untuk hindarkan si buah hati dari berbagai bakteri, kuman atau hewan kecil lainnya. Setiap hari kamu perlu menyedot debu yang ada di kasur si kecil dan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

box bayi 2

Picture by: https://hellosehat.com/

Bersihkan Setiap Tiang dan Besinya

Gunakan 2 lap berbeda untuk membersihkan setiap tiang dan besi kerangka box. Satu lap adalah yang sudah dibasahi dengan air sabun, satu lagi adalah lap kering. Kamu juga dapat memakai sikat untuk membersihkan bagian-bagian tertentu.

Minyaki Bagian Engsel Secara Rutin

Pada box bayi biasanya terdapat beberapa engsel atau sambungan. Nah, kamu perlu mengecek bagian-bagian ini dengan seksama untuk mengetahui apakah ada sambungan yang aus atau berkarat. Jika melihat ada sambungan yang mulai berkarat, segera bersihkan dan minyaki secara rutin untuk menjaga kondisinya.

Ingat, hal-hal tersebut perlu kamu lakukan secara teratur, ya. Meski merepotkan, tapi demi kesehatan buah hati tentu tak masalah, bukan? Pastikan juga tidak meletakkan bantal dan selimut di sekitar bayi saat ia tidur untuk menghindari sesak napas ketika tertindih barang-barang yang ada di sekitarnya.