kulit bayi

Picture by: https://www.alodokter.com/

Pastinya semua setuju ketika memiliki bayi, maka perawatan pakaiannya harus ekstra hati-hati dibandingkan dengan pakaian dewasa, benarkan, Ladies? Hal itu disebabkan kulit bayi masih sangat sensitif dan mudah alami iritasi ketika pakaian yang mereka pakai tidak bersih. Bagi yang masih belum tahu, berikut ada beberapa informasi terkait pakaian bayi yang wajib kamu ketahui agar dapat hindarkan si kecil dari iritasi kulit.

Wajibkah Mencuci Pakaian Bayi yang Baru Dibeli?

Ada banyak jenis pakaian bayi mulai dari pakaian lengan pendek, sweater sampai dengan legging atau juga piyama yang tersedia di pasaran. Memang, sih, banyak perusahaan yang menggunakan material khusus agar tidak membuat kulit bayi menjadi iritasi ketika mengenakannya. Hanya saja, kamu tetap wajib mencuci pakaian tersebut ketika baru membelinya karena ada banyak residu, debu dan serbuk kimia lain yang menempel pada kain pakaian tersebut.

Sebagai anjuran, kamu bisa memilih untuk membeli pakaian yang memiliki label khusus lulus uji Öko-Tex Standard 100 atau bersertifikat GOTS (Global Organic Textile Standard). Tapi tetap saja, kamu masih harus mencuci dan menjemurnya terlebih dahulu sebelum memakaikannya ke sang buah hati.

Apakah Semua Pakaian yang Dipakai Bayi dapat Dicuci dengan Cara Sama?

Sedikit berbeda dengan kebanyakan pakaian orang dewasa pada umumnya, ada aturan-aturan khusus yang biasanya tertera di wash tag-nya untuk kamu patuhi ketika ingin mencuci pakaian bayi. Contohnya saja aturan temperatur untuk setiap pakaian ketika mencuci atau menjemurnya sampai dengan masalah obat cuci yang digunakan. 

Dianjurkan juga untuk mencuci pakaian-pakaian tersebut secara manual dan menggunakan sabun cuci khusus yang tidak berlebihan serta menggunakan air yang sedikit panas. Hal tersebut selain berfungsi untuk menghilangkan noda, juga untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel di serat-serat pakaian.

pakaian bayi

Picture by: https://hellosehat.com/

Tips Menghilangkan Noda di Pakaian Bayi

  • Apabila pakaian atau apapun yang digunakan oleh sang buah hati terkena noda susu, maka cepatlah untuk mencucinya menggunakan air dingin dan sedikit sabun batangan
  • Noda sayur atau khususnya bayam dapat dengan mudah dihilangkan dengan cara menggosok bagian yang bernoda tersebut dengan menggunakan kentang yang sudah dikupas, baru kemudian mencucinya dengan sabun
  • Sedangkan untuk noda makanan berbahan dasar wortel, kamu dapat menggunakan baby oil sebelum mencucinya dan kemudian jemur di bawah sinar matahari langsung agar bekas nodanya tersamarkan

Memang mencuci dan merawat pakaian untuk bayi itu terkesan mudah. Tapi ada aturan-aturan yang wajib diketahui agar kulit sang buah hati tetap sehat dan material pakaian juga terjaga kualitasnya. Selamat mencoba.