zaman 1

Picture by: https://assets-a1.kompasiana.com/

Zaman semakin berubah dari tahun ke tahun, begitu pula dengan peradaban beserta pola pikir manusianya. Hal tersebut juga menyangkut masalah uang dan bagaimana kamu harus mengatur keuangan agar dapat tetap survive di tengah keadaan yang kurang menentu.

Berbicara masalah pola pikir terkait dengan uang dan keuangan, tentunya kamu pernah mendengar ada beberapa ‘hukum’ tak tertulis yang telah beredar dan dipatuhi selama turun temurun. Pertanyaannya adalah apakah pola pikir atau hukum tersebut masih relevan sekarang ini? Untuk mengetahuinya, berikut penjelasannya.

Peraturan Lama: Bayar hutang atau tagihanmu dulu, baru menabung

Pemikiran Baru: Prioritaskan menabung terlebih dahulu, baru pikirkan membayar hutang atau tagihan

Ketika kamu memiliki hutang atau tagihan yang harus dibayarkan, maka disarankan untuk mencoba menabung walaupun sedikit demi sedikit. Jangan pikirkan dulu untuk memiliki uang yang nantinya dipergunakan membayar hutang atau tagihan itu. Alasannya adalah semua orang di dunia tidak pernah tahu apa yang bakal terjadi di kemudian hari. 

Dengan menabung, maka setidaknya kamu dan keluarga akan selamat ketika perekonomianmu memburuk. Kamu masih memiliki dana untuk hidup. Ketika kamu memiliki uang, maka bagilah dalam beberapa bagian, yaitu untuk membayar tagihan atau hutang, untuk keperluan sehari-hari dan sisakan sedikit untuk ditabung.

usaha6

Picture by: https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/

Peraturan Lama: Jika ingin sukses secara finansial, maka bekerja keraslah tanpa mempedulikan yang lain

Pemikiran Baru: Fokus dan berbuatlah yang terbaik, tapi jangan lupa untuk tetap pedulikan sekitar

Ya, memang sukses dalam hal apapun akan dapat dicapai ketika kamu bekerja dengan tekan dan ulet, tapi bukan berarti kamu harus bekerja tanpa mempedulikan yang lain alias kamu merasa superior. 

Tetaplah bekerja keras dan berbuat yang terbaik. Sembari bekerja keras tersebut, kamu juga harus terhubung dengan pihak lain. Jangan ragu untuk meminta bantuan karena kamu tidak akan bisa sukses dengan diri sendiri, pastinya ada pihak yang diikutsertakan dalam prosesnya.

Peraturan Lama: Jika perekonomian sedang tidak menentu, jangan gegabah untuk melakukan sesuatu yang tidak pasti, tetaplah diam dan sesuai jalur

Pemikiran Baru: Jangan berpangku tangan, mulailah memikirkan segala sesuatu, termasuk kemungkinan terburuk dan buat beberapa plan alternatif

Jangan takut untuk bergerak. Kalaupun kamu tidak bergerak, tetaplah akan mati jika perekonomian tidak menentu dan bahkan berujung memburuk. Tapi dengan bergerak, setidaknya ada kemungkinan kamu akan survive dengan berbagai jalan. Selain bergerak, kamu dapat membuat beberapa plan alternatif untuk mewaspadai kemungkinan terburuk yang bakal dihadapi.