Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Balita

Picture by : https://static.onecms.io

Memiliki waktu libur yang singkat terkadang membuat orang tua bingung bagaimana cara mengajak sang anak yang masih berusia balita bermain tanpa harus mengajaknya pergi ke luar rumah. Pasalnya banyak sekali tempat wisata yang ramai dan membuat sang anak di usia ini tidak dapat menikmati indahnya pemandangan atau asyiknya wahana di tempat tersebut.

Oleh karena itu, kamu sebagai orang tua bisa lho mengajak anak yang masih berusia balita ini bermain dengan beberapa ktivitas fisik yang menyenangkan tanpa harus perlu mengajaknya bepergian. Untuk mengetahui lebih lanjut aktivitas apa sajakah itu, yuk siman ulasan berikut.

Hide and Seek

Siapa yang nggak tahu hide and seek atau mainan petak umpet ini. Mainan satu ini pasti sangat disukai anak-anak yang masih berusia balita. Pasalnya petak umpet merupakan salah satu mainan yang bisa dilakukan di mana saja termasuk di dalam rumah.

Permainan bersembunyi dan mencari ini memiliki manfaat yang baik bagi perkembangan otak sang anak dan meningkatkan kreativitasnya lho. Selain itu permainan ini juga akan membuatnya memiliki sikap yang tidak mudah menyerah.

Berjoget dengan Lagu Kesukaannya

Mengajaknya untuk menari mengikuti irama musik akan membuat tubuh si kecil lebih lincah, selain itu musik juga salah satu media pembelajaran yang efektif untuk merangsang kemampuan sang anak.

Beri dia gerakan yang menyenangkan seperti melompat, berputar, berdiri dengan satu kaki, menggerakkan tangan ke atas serta melenggokan tubuh ke kanan dan ke kiri. Tentu saja dengan begitu kecerdasan kasar motorik sang anak akan berkembang dengan sendirinya.

Berkebun

Berkebun merupakan salah satu media yang tepat untuk anak belajar mengenai ekosistem lingkungan dasar. Kamu bisa mengajarkannya mengenali nama-nama tumbuhan, manfaat menanam dan merawat tumbuhan serta cara-cara untuk tidak menyakiti tumbuhan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Balita

Picture by : https://static.guiainfantil.com

Olahraga Kecil

Di usianya yang masih balita, anak cenderung senang untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan fisik. Dengan begitu olahraga akan menyalurkan energinya ke arah yang positif dan menyehatkan.

Kamu bisa mengajaknya mengikuti gerakan senam, lempar bola, bermain lompat tali, sepak bola, lari-lari kecil di lingkungan rumah bahkan berenang. Lebih baik lakukan kegiatan olahraga ini di pagi hari dengan area luas atau terbuka agar tidak merusak perabotan rumah tangga lain ya.

Jadi kamu mau pilih aktivitas yang mana nih untuk kegiatan seru di hari libur bersama sang anak? Pastikan melakukan hal yang bermanfaat dan menjadikan ini momen tepat untuk bonding bersamanya ya.