hormat 2

Picture by: https://4.bp.blogspot.com/

Ada banyak cara yang orang tua lakukan untuk mendidik anaknya. Ada juga orang tua yang beranggapan bahwa tanggung jawab mendidik anak adalah semata wayang hanya berada di tangannya. Tapi, apakah kamu yakin bahwa anakmu merupakan anak yang well educated?

Pastikan bahwa si kecil memang menghormati semua perkataanmu, jangan sampai dia hanya melakukan semua yang kamu inginkan karena dia takut dimarahi. Hal semacam ini hanya akan memberikan efek jangka pendek. Dia hanya akan menurutimu di waktu itu saja, tapi bisa saja dia menyimpan segala emosinya dan meluapkan rasa itu di kemudian hari. 

Hal ini dapat membantu kamu untuk menjadikan anak hormat dengan segala yang kamu ucapkan dan lakukan, untuk mengetahui hal apa sajakah itu, mari simak ulasan berikut.

Bersikap Tenang dan Kontrol Emosi di Depan Anak

Ajarkan sang anak untuk menghadapi segala sesuatu dengan berpikir. Jangan biarkan dia menyelesaikan masalahnya dengan emosi sesaat. Berilah contoh untuk menyikapi segala sesuatu dengan matang dan mengontrol emosi. 

Ketika anak kamu emosi sarankan untuk menarik napas panjang dan menenangkan diri dengan membayangkan sesuatu yang dia sukai. Lalu selalu ajarkan untuk berbicara sopan dalam kondisi apa pun. Jangan lupa, kamu sendiri juga harus melakukan semua hal yang kamu ajarkan ya.

menghormati orang tua

Pictture by: https://bincangsyariah.com/

Berikan Perhatian dan Ajarkan untuk Selalu Menyayangi Sesama

Anak akan mencontoh segala sesuatu yang orang tua lakukan. Begitu juga dengan sikap yang kamu berikan kepadanya. Selalu tunjukkan rasa sayangmu dengan memperhatikan dan berbicara lembut kepadanya.

Hal ini akan menghasilkan feedback yang serupa, sehingga anak akan tumbuh dengan rasa cinta yang dia butuhkan. Dan ajaran berharga mengenai perhatian dan kasih sayang dalam keluarga. 

Jadila Orang Tua yang Bisa Menjadi Panutan

Bersikap saling menghormati merupakan kunci dalam bersosialisasi. Berilah contoh yang baik dengan cara memberi hormat dengan tutur kata lembut kepada orang yang berada di sekitar. Atau selalu berucap terimakasih dan maaf ketika sudah diberi pertolangan dan melakukan kesalahan. Hal semacam ini yang membuat sang anak akan merasa senang dan terlindungi. 

Jangan biarkan si kecil merasa tidak nyaman berada di rumahnya sendiri. Keluarga adalah tempat di mana dia pulang. Jadilah orang tua yang dapat melindungi anak dari rasa takut, bukan malah menimbulkan rasa takut itu sendiri. Ajarkan rasa slaing mencintai dan menghormati sejak dini. Dengan begitu hal semacam ini akan tertanam hingga dia dewasa nanti.