Nausea 2

Picture: https://i1.wp.com/

Virtual nausea, “cybersickness” atau apapun istilah lainnya itu merupakan istilah yang digunakan untuk mendefinisikan satu fenomena anyar yang dialami para pengguna smartphone atau komputer. Dikatakan begitu karena ada banyak laporan bahwa seseorang dengan tingkat intensitas tinggi dalam mengakses media sosial menggunakan smartphonenya akan merasakan sakit perut, mual dan pusing. Tentunya penasaran, kan Ladies, mengenai apa yang disebut dengan scrolling nausea tersebut? Berikut penjelasannya.

Definisi Scrolling Nausea

Scrolling Nausea dapat dikatakan setara dengan mabuk darat karena keduanya lahir dari sense of disorientation. Seperti yang disebutkan di atas, seseorang yang mengalami scrolling nausea, maka akan mendadak mengalami sakit perut, mual dan pusing. Hal itu disebabkan karena pergerakan mata menjadi lebih cepat dibandingkan dengan tubuh. Dengan kondisi tubuh diam, mata akan terus bekerja untuk melihat dan mencerna setiap tulisan, video dan apapun yang tertampil di layar. Hal tersebut kemudian menciptakan sebuah bentuk disonansi kognitif.

Efek Scrolling Nausea

Tentunya scrolling nausea ini memiliki efek untuk tubuh. Efek jangka pendek yaitu kamu akan mengalami sakit kepala, muntah, mudah cemas, gampang lelah sampai dengan migrain yang dimulai dari sisi mata. Mungkin banyak orang yang akan mengartikan bahwa itu adalah kelelahan mata saja, akan tetapi hal tersebut merupakan efek ketika kamu secara rutin dengan durasi yang lama beraktivitas di depan layar smartphone atau komputer.

Sedangkan untuk efek jangka panjangnya, tubuh lama kelamaan akan mengalami gangguan keseimbangan. Koordinasi antar-anggota tubuh menjadi terganggu karena saraf menerima perintah otak dengan persepsi yang berbeda.

penyakit

Picture by: https://tekdeeps.com/

Cara Mengatasi Scrolling Nausea

Untuk yang sudah di level lanjut, satu-satunya cara adalah dengan langsung ditangani oleh pihak medis, akan tetapi bagi yang masih ada di level rendah, maka dapat melakukan beberapa hal berikut, seperti;

Beristirahatlah

Tubuh memiliki hak untuk beristirahat walaupun feed di Instagram, YouTube, Facebook atau apapun lainnya sangat menarik. Kamu juga bisa tidur sebagai salah satu bentuk istirahat.

Bergeraklah

Setelah beristirahat, lakukan aktivitas fisik, seperti berjalan-jalan, membersihkan sesuatu atau juga berolahraga.

Ubah ukuran font dan kecerahan

Agar mata tidak menjadi lelah, maka ubah ukuran font menjadi sedikit lebih besar dan juga atur brightness atau kecerahan di tingkat sedang.

Dengan mengetahui apa itu scrolling nausea dan juga efeknya serta bagaimana cara meng-counternya, maka setidaknya kamu dapat bijak dalam menggunakan smartphone atau komputer agar tidak menimbulkan efek buruk pada kesehatan tubuh nantinya.