MPASI

Picture by: https://awsimages.detik.net.id/

MPASI merupakan makanan pendamping ASI yang perlu diberikan kepada si kecil di usia yang beranjak 6 bulan. Hal ini berfungsi untuk memenuhi jumlah gizi yang sudah tidak bisa dipenuhi oleh ASI di usia bayi lebih dari 6 bulan. Pemberian MPASI harus dilakukan secara bertahap. 

Dimulai dengan pengelanan tekstur makanan, hingga pengenalan rasa. Momen pemberian MPASI ini memberikan banyak manfaat bagi si kecil. Dengan melakukan MPASI, si kecil akan dibekali memori mengenai apa itu tekstur makanan dan rasa makanan. Selain itu, pemberian MPASI juga membantu kamu untuk mendeteksi alergi makanan pada anak. 

Oleh karena itu, pastikan kamu memberikan MPASI dengan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan si kecil, tips-tips di bawah ini mungkin bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Biasakan Anak untuk Mengkonsumsi Sayur atau Makanan Sehat Lainnya

Sayuran merupakan salah satu momok yang membuat si kecil enggan untuk makan. Biasakan untuk memberikan si kecil hints of sayur di setiap makanan yang dikonsumsi. Jadikan sayuran menjadi makanan yang menyenangkan untuknya, beri dia reward setelah mengkonsumsinya untuk memancing agar dia lebih menyukai sayuran.

Selain sayuran, makanan sehat yang perlu kamu berikan adalah daging, ikan, susu, buah dan bisa juga yoghurt.

MPASI 2

Picture by: https://strgonelabsprod.blob.core.windows.net/

Disiplinkan si Kecil untuk Makan di Waktu yang Tepat

Si kecil selalu disibukkan dengan mainannya di setiap waktu, tapi pastikan untuk kamu selalu memberikan makanan tepat pada waktunya. Beri jam makan minimal 3 kali sehari, dengan memberinya kebiasaan seperti ini kemungkinan untuk kebutuhan nutrisi setiap harinya akan tercukupi. 

Memberi makan dengan teratur juga bermanfaat untuk membangun pola makan sehat sejak dini. Selain itu akan membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik, dan meghindarkan dari pernyakit seperti magh, jantung dan obesitas.

Jangan Paksa Makan dengan Porsi Besar

Ketika anak menginjak usia di atas satu tahun biasanya nafsu makan akan meurun, hal ini di karenakan dia lebih menikmati waktu bermainnya. Untuk mengakali hal tersebut, berikan makanan dengan porsi kecil. Menyediakan makanan dengan porsi kecil akan membantu si anak semangat untuk meghabiskannya.

Jika kamu membawakan banyak porsi makanan dalam satu piring, akan membuat deskrimanasi visual padanya. Bukannya semakin lahap, tapi dia akan mundur sebelum mencoba.

Dengan beberapa tips di atas, diharapkan kebutuhan nutrisi harian si kecil akan tercukupi. Jangan lupa untuk tetap memberinya camilan sehat, seperti apel, anggur atau pudding yoghurt.