susah makan

Picture by: https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/

Menghadapi si kecil yang susah makan memang sangat memusingkan. Banyak sekali orang tua yang tidak bisa mengatasi anak yang nggak mau makan. Hal ini tentunya membuat khawatir apakah nutrisi anak yang dikonsumsi sudah mencukupi atau belum. 

Ketika si kecil nggak mau makan, pasti banyak cara yang kamu lakukan untuk membujuknya supaya mau melahap makanannya. Bahkan nggak banyak orang tua yang marah dan melarang ini itu agar si anak mau makan. Tapi hal semacam ini akan membuat si kecil enggan memakan makanan yang kamu siapkan, lalu hal apa yang bisa kamu lakukan? Untuk mengetahuinya coba simak ulasan berikut.

Sabar dan Terus Mencoba Merayunya

Sabar merupakan kunci utama dalam hal ini, jangan sampai kau memarahinnya. Hal ini akan membuatnya malah takut dan kabur ketika sudah memasuki jam makan. Usahakan untuk selalu menyiapkan makanan di saat jam makannya. 

Mau tidak mau anak akan melihat makanan tersebut dan lama kelamaan akan tertarik untuk mecicipinnya. 

Cobalah untuk Mengajaknya Makan Bersama

Nafsu makan seseorang akan bertambah jika kamu makan secara bersama-sama. Begitu pula dengan si kecil. Hal ini akan membuatnya penasaran dengan apa yang kamu makan, sehingga dia akan meniru hal yang kamu lakukan. 

Usahakan untuk memakan sesuatu yang bergizi bersamanya. Makanlah sayur mayur, snack buah, daging dan protein lainnya. Buatlah makanan semenarik mungkin seperti makanan yang biasa dia sukai.

susah makan 2

Picture by: https://1.bp.blogspot.com/

Buatkan Jadwal untuk Makan Sang Anak

Agar mempermudah si kecil mengetahui waktu makannya, buatlah jam makan yang menjadi rutinitas. Buatlah jadwal makan sehari 3 kali, sebagai contoh sarapan pukul 07.00, makan siang pukul 13.00 dan makan malam pukul 19.00. Dan berikan juga sela waktu untuk memberikan snack sehat. Usahakan memberikan snack 30-60 menit setelah makan-makanan berat.

Berilah Batasan Minum

Jangan memberikan dia minum terlalu banyak sebelum jam makannya. Atau bahkan jika dia selalu meminta minum di tengah waktu makannya, maka berilah secukupnya. Karena ketika kamu memberika minuman terlalu banyak maka si kecil akan cepat kenyang. Dan membuat itu sebagai alasan agar dia tidak menghabiskan makanannya.

Dengan mengaplikasikan cara di atas, diharapkan kamu tidak lagi mengalami kesulitan ketika harus memberinya makan. Usahakan untuk terus berusaha membuatnya mau untuk makan dengan cara yang menarik. Seperti membuatkan makanan yang dia sukai, atau mengajaknya untuk memasak bersama.