Tanamkan Kebiasaan pada Sang Anak Sejak Dini

Picture by : https://redtri.com

Seorang anak besar kemungkinannya untuk selalu mengikuti gerak-gerik orang tua. Oleh sebab itu kamu perlu menanamkan beberapa kebiasaan baik yang akan membuat dirinya lebih berkembang dan memiliki kepribadian yang penuh rasa empati dan tanggung jawab.

Untuk itu lakukan beberapa hal ini untuk memberikan contoh baik dalam kehidupan sehari-harinya. 

Memberikan Pengertian dan Contoh Rasa Empati

Empati merupakan kemampuan dalam diri manusia untuk memahami kondisi yang sedang dirasakan oleh orang sekitar. Berikan pengertian bahwa setiap orang mungkin saja dapat mengalami hal buruk seperti itu tidak terkecuali dirinya. Sehingga hal ini akan menumbuhkan rasa kepedulian tinggi di hatinya.

Selain itu kamu sebagai orang tua harus sering menanyakan beban atau masalah apa yang sedang dirasakan sang anak. Lalu tawarkan berbagai pilihan bantuan dan pengertian segala masalah bisa lebih ringan jika diselesaikan secara bersama-sama. Hal ini merupakan salah satu contoh langsung bagaimana rasa empati itu harus ditunjukkan.

Cara Baik untuk Menangani Emosi 

Semua orang tak luput dari yang namanya emosi. Emosi ini tumbuh dari berbagai masalah yang timbul setiap harinya. Tapi pengelolaan emosi yang baik akan memberikan dampak yang baik juga pada dirinya kelak. 

Sehingga kamu sebagai orang tua harus bisa memberikan cara atau solusi bagaimana cara menangani emosi yang meluap. Misalnya ketika sang anak marah karena mainannya patah, maka kamu perlu memberinya pengertian amarah yang dimiliki harus disalurkan dengan kegiatan lain yang lebih positif. 

Seperti menggambar api, atau gambaran abstrak yang dapat meluapkan emosinya ke dalam sebuah karya. Bisa juga kamu mengajaknya untuk bermain di luar rumah dan mengajaknya berolah raga, sehingga energi buruk yang ada pada tubuhnya akan hilang tanpa harus melakukan hal buruk.

Tanamkan Kebiasaan pada Anak Sejak Dini

Picture by : https://lh3.googleusercontent.com

Melatih Imajinasi Anak

Kamu sebagai orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki imajinasi yang baik untuk meningkatkan kreativitas sang anak. Untuk mengembangkan imajinasinya kamu bisa mulai dengan membacakan cerita dan mengajaknya untuk membayangkan tokoh-tokoh dalam buku tersebut sebelum tidur.

Kamu juga bisa mengajaknya untuk bermain peran, keuntungan bermain peran ini akan membuatnya mudah untuk menghafal sebuah dialog, belajar bersosialisasi dan membuatnya termotivasi untuk berperan sebaik mungkin.

Selain itu kamu juga perlu mengajarkannya untuk mengatur rencana dengan baik, sebagai contoh kamu bisa mengajaknya untuk menabung ketika dia ingin membeli sesuatu. Dengan begitu kemampuannya untuk berpikir dan mengatur pola keuangan akan tertanam sejak dini. Semoga cara-cara di atas dapat membangun karakter positif sang anak untuk kehidupannya di masa mendatang.