adik kaka

Memang memiliki adik tak selamanya menyenangkan, sifat dan pemikiran yang berbeda terkadang membuat kamu dan adik kamu berdebat atau malah tak saling sapa. Padahal, jika kalian sedang terpisah dalam waktu yang cukup lama pasti akan ada rasa rindu yang mengganjal.

Hubungan ini memang susah-susah gampang untuk diatur, kamu sebagai kakak seharusnya memiliki sikap yang lebih dewasa dalam menyikapi perilaku sang adik. Jangan sampai orang tua yang harus turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan kalian. Kamu bisa mengaplikasikan beberapa cara berikut agar hubungan kakak beradik ini lebih akur. 

Berpikir Positif dengan Bersikap Lebih Dewasa

Orang tua akan selalu menganggap kakaklah yang salah ketika terjadi sebuah pertengkaran antara kamu dan adikmu. Hal ini dikarenakan kamu dianggap lebih dewasa dan bisa menjaga sikap lebih baik. Tentu saja pemikiran orang tua kamu adalah hal yang tepat. Ambil positifnya dari pendapat kedua orang tua kamu ini. 

Jadikan diri kamu sebagai pribadi yang lebih bertanggung jawab yang memiliki kesabaran ekstra untuk menghadapi sang adik. Dengan begitu kemungkinan adik kamu akan mengikuti sikap yang sedang kamu terapkan.

adik kaka 2

Pilih Tutur Kata yang Baik Ketika Memarahinya

Adik yang terus-terusan menggoda sesekali memang butuh untuk diberi pengertian yang cukup keras. Kamu boeh-boleh saja memarahinnya, tapi ingat selalu pilih diksi dan kalimat yang baik. Pemilihan jenis kata, bahkan nada berbicara bisa saja menyadarkan adikmu kalau yang dia perbuat ternyata memang salah. 

Jika kamu memarahinnya dengan nada bicara yang tinggi didampingi dengan makian, hanya akan memperkeruh suasana dan adik kamu tidak akan pernah menyadari semua kesalahannya. Yang ada malah dia lebih sering menggoda kamu. 

Selalu Beri Contoh Mengucapkan Maaf dan Terimakasih

Semua orang akan merasa lebih dihargai jika diberi ucapan maaf dan terimakasih. Begitu juga dengan adik kamu, dia akan lebih merasa kamu menyayangi dan menghargainya jika sering mengungkapkan kata tersebut. 

Ingat! Jangan pernah gengsi untuk mengucapkan kata maaf terlebih dahulu walaupun adik kamu yang melakukan kesalahan. Hal ini akan membuat dia lama-kelamaan tersadar dan mengikuti semua hal yang kamu lakukan kepadanya. 

Hubungan kakak adik adalah salah satu hubungan paling erat yang seharusnya tidak dirusak dengan hal-hal yang sepele. Sebisa mungkin jalin hubungan dengan baik, karena cepat atau lambat kamu akan selalu membutuhkan adikmu, dan sang adik juga akan membutuhkanmu. Jadilah keluarga yang saling membantu, sehingga orang tua pun akan merasa senang jika anak-anaknya terlihat akur.