ibu bru 2

Picture by: https://www.jawapos.com/

Begitu seorang bayi datang ke dalam hidupmu, seluruh duniamu otomatis berubah. Dalam hal ini, aktivitas rutin sampai dengan keinginan-keinginanmu akan berubah drastis dan menyesuaikan dengan segala prioritas yang lebih penting.

Tentu saja, bagi kamu yang sebelumnya belum pernah merawat anak kecil atau bayi, maka akan sangat terasa merepotkan dan melelahkan, bukan? Walaupun terkadang masih ada bantuan dari saudara, mertua ataupun orang tua, tapi pada dasarnya, semua harus dilakukan sendiri. Mulai dari memandikan, menidurkan, menggendong atau juga hal-hal lainnya.

Dikarenakan rutinitas baru itulah, maka banyak wanita yang baru saja melahirkan akan menomorduakan dirinya sendiri. Dan tidak jarang bagi mereka yang terlalu sibuk untuk merawat si buah hati dan akhirnya lelah pikiran serta badannya, membuatnya cepat marah, stress dan terkadang mengalami apa yang dinamakan baby blues.

Nah, berikut ini adalah tips-tips sederhana untuk kurangi stres yang dapat kamu lakukan setelah dikaruniai seorang bayi.

Jangan Memaksakan Diri

Ada begitu banyak tekanan pada wanita setelah melahirkan, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan dan kembali ke bentuk semula. Well, tidak masalah, sih apabila kamu memang ingin selalu tampil menarik dengan berat dan bentuk tubuh ideal, tapi untuk sementara jangan bebani diri dengan pemikiran tersebut. Tetap ada yang harus diprioritaskan.

Kamu tidak perlu membebani diri sendiri dengan langsung memulai diet ketat atau menggila di gym. Sebaliknya, nikmati bab ini sebagaimana kamu menikmati terus bernapas setiap harinya. Menjadi ibu baru itu memang tidaklah mudah, tapi memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang belum waktunya dilakukan hanya akan menciptakan stres saja.

ibu baru

Picture by: https://www.etapainfantil.com/

Tidurlah Saat Bayimu Terlelap

Semua bayi memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada yang dapta dengan mudah atau suka tidur, ada pula yang aktif dan baru tidur di jam-jam tertentu saja. Bahkan ada pula yang dapat dengan cepat tidur, tapi selalu bangun setiap satu atau dua jam setelahnya. Tentunya hal tersebut akan sangat melelahkan dan terkadang bikin stres.

Tapi ketahuilah bahwa kurang tidur itu sangat umum terjadi pada ibu baru. Jadi, untuk mengimbangi waktu tidur yang berkurang itu, sempatkanlah rehat sejenak ketika bayimu terlelap. Banyak ibu baru yang kesulitan tidur sepanjang hari malah akan melakukan pekerjaan lain, seperti membersihkan rumah salah satu contohnya. Tapi justru hal tersebut tidak begitu disarankan, berikan hak kepada tubuhmu dengan sejenak memejamkan mata dan merileksasi segala kekakuan otot.

Jangan Takut untuk Meminta Bantuan

Terkadang ada rasa gengsi untuk urusan merawat sang buah hati. Padahal di sisi lain, kamu sedang lelah secara emosional dan mental. Harus membersihkan ini dan itu sampai dengan begadang setiap malam akan menguras seluruh energi. Tapi ketahuilah bahwa hal-hal tersebut sangat wajar dan dialami semua ibu baru, maka tidak perlu takut, sungkan atau gengsi untuk meminta bantuan entah kepada orang tua, saudara atau mertua.

Tentunya bantuan yang kamu minta harus bukan yang bersifat berat. Kamu bisa minta tolong untuk menjagakan si kecil ketika kamu memasak dan membersihkan rumah atau sejenisnya

Memiliki bayi adalah bab yang indah dalam hidup siapa pun, tetapi ini juga akan menguras banyak energi serta stamina. Untuk itu, berpintar-pintarlah untuk mensiasasti keadaan agar tidak menjadi stres.