anak sakit 2

Picture by: https://d2ih5qgee2kfcl.cloudfront.net/

Pastinya sebagai orang tua hal yang paling dikhawatirkan adalah mendapati anak yang sedang sakit. Tapi jangan sampai hal tersebut membuat kamu terlalu panik dan malah melakukan hal yang terlalu tergesa-gesa. Padalah ketika anak sakit, mereka membutuhkan penanganan yang tepat agar tidak salah diagnosis. 

Apa saja penanganan yang tepat untuk anak yang sakit? Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengkonsultasikan kondisi anak dengan dokter. Lalu jika memang anak membutuhkan perawatan di rumah, lakukan dengan tenang dan sabar. Untuk lebih lanjutnya, mari simak cara merawat anak yang sedang sakit di rumah agar cepat pulih.

Beri Makanan yang Bergizi

Sakit membuat nafsu makan siapa pun berkurang, hal ini dikarenakan indera perasa sedang mengalami masalah dan ketika makan apapun akan hanya terasa hambar dan pahit. Apalagi jika permasalahan ini terjadi pada si kecil, pastinya akan membuatnya rewel dan tidak mau untuk makan terlalu banyak. 

Sebagai orang tua hal yang harus kamu perhatikan adalah memberinya makanan yang penuh akan nutrisi dalam setiap makanan yang masuk ke tubuh si kecil. Sehingga walaupun hanya sedikit yang bisa masuk, tapi hal tersebut akan membantu memulihkan kondisi tubuh anak. Setidaknya bujuklah dia untuk mau meminum susu, sereal, roti dan sup kesukaannya.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa si kecil tidak kekurangan cairan dalam tubuh atau yang biasa disebut dengan dehidrasi. Ketika anak dehidrasi hal ini akan memperburuk kondisi anak. Dehidrasi sendiri ditandai dengan si kecil yang terlihat sangat lemas, pucat, bibirnya yang cenderung kering dan pecah-pecah.

anak sakit 3

Picture by: https://2.bp.blogspot.com/

Pastikan Anak Mendapatkan Kenyamanan 

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah memastikan si kecil untuk terus merasa diperhatikan. Hal ini akan membuatnya nyaman sehingga si kecilpun tidak akan rewel. Selalu tanyakan bagian tubuh mana yang merasa sakit, dan lakukan treatment sesuai anjuran dokter.

Selain itu kenyemanan juga bisa didapat dari kondisi kamar yang memiliki sirkulasi udara yang cukup terjaga dengan baik. Usahakan untuk membuat pertukaran udara berjalan lancar dengan membuka jendela setiap pagi hingga sore di kamar si kecil.

Menghadapi anak yang sedang sakit memanglah ujian berat bagi orang tua. Tapi, kamu juga harus tetap sabar merawat si kecil hingga kesehatannya pulih kembali. Selalu ciptakan kondisi lingkungan yang tenang agar si kecil dapat dengan nyaman beristirahat. Karena istirahat yang cukup juga merupakan kunci utama agar kondisi cepat membaik.