Tidur 3

Picture by: https://cdn-brilio-net.akamaized.net/

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa di berbagai negara di dunia, tidak sedikit masyrakatnya yang berjuang untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Kesulitan untuk tidur dengan durasi waktu semestinya atau juga dengan kualitas yang bagus tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. 

Selain dengan mengakali kondisi dengan menggunakan bantal yang bagus, ruangan yang sejuk sampai dengan tanpa penerangan dilakukan untuk mendapatkan kualitas tidur bagus dan durasi yag cukup, ada pula yang menggunakan makanan sebagai medianya. Ya, memang menurut penelitian ada jenis-jenis makanan yang dapat membantumu tidur lebih nyenyak. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

Buah Kiwi

Buah kiwi tidak hanya memiliki lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan jeruk, buah satu ini sebenarnya juga dapat membantu seseorang untuk tidur lebih cepat dan lebih lama. Yang harus dilakukan adalah makan 1-2 kiwi ukuran sedang di malam hari setiap harinya. Buah kiwi yang kaya akan serotonin serta antioksidan dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu.

Kacang Almond

Kacang almond memiliki kandungan melatonin yang sangat tinggi. Melatonin merupakan hormon yang dapat mengatur siklus tidur seseorang. Jika kamu mengonsumsi sekitar 33 gram almond sebelum tidur, maka kandungan magnesium dan kalsium di dalamnya akan membantu tubuh untuk memproduksi melatonin dalam jumlah besar dan juga dapat mengendurkan otot serta membantumu tidur nyenyak.

Almonds

Picture by: https://static.tokopedia.net/

Ikan

Dalam hal ini tidak semua ikan dapat dikonsumsi untuk mendapatkan kualitas dan durasi tidur yag bagus. Ada beberapa jenis ikan yang dapat dikonsumsi, seperti salmon atau tuna. Kedua jenis ikan ini mengandung asam lemak Omega-3 yang tinggi dan dapat mengatur serotonin atau hormon yang bertanggung jawab atas pengaturan siklus tidur manusia. Selain itu, terdapat juga kandungan Vitamin D tinggi yang dapat membuat tidurmu lebih optimal.

Chamomile 

Berbeda dengan kopi yang kandungan kafeinnya dapat membuat mata melek sampai pagi, teh herbal dengan bahan dasar bunga Chamomile dapat membuat kamu tidur dengan nyenyaknya. Bahkan ekstrak bungan Chamomile ini dianggap sebagai obat penenang ringan. Setelah kamu meminum teh kopi Chamomile ini maka tubuh akan merasa rileks karena ada kandungan kimia yang disebut apigenin di dalamnya. Apigenin ini dapat membantu tubuh mereduksi tingkat kecemasan dan kemudian membuatmu mengantuk.

Buah Ara

Buah ara adalah salah satu buah-buahan yang mengandung banyak magnesium dan mineral yang dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak dan nyenyak. Hal tersebut dikarenakan kandungan serat di dalamnya yang membantumu terus kenyang dan mengekang keinginan ngemil di malam hari.

Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan terbaik sebelum tidur. Karbohidrat kompleks di dalamnya dapat membantumu merasa kenyang. Selain itu, ubi jalar juga dan mengandung banyak kalium yang merupakan pelemas otot alami.

Daging Kalkun

Menurutmu kenapa banyak orang-orang Eropa atau Amerika Serikat yang kemudian mengantuk atau tidur setelah mengikuti atau menyelenggarakan acara yang disebut thanksgiving? Jawabannya adalah karena mereka mengonsumsi daging ayam kalkun. Jenis daging ini memiliki kandungan nutrisi yang disebut triptofan atau asam amino yang membuatmu cepat merasa mengantuk.

Daging Ayam Kalkun

Picture by: https://2.bp.blogspot.com/

Pisang

Pisang adalah buah yang sempurna untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki kesulitan tidur. Pisang memiliki kandungan vitamin yang menyehatkan termasuk juga magnesium, kalium, dan vitamin B6 yang kesemuanya dapat membuatmu cepat tertidur dan mereduksi tingkat kecemasan. 

Kacang Pistachio

Kacang pistachio adalah salah satu kacang terbaik untuk membantumu tertidur. Seperti halnya pisang, kacang pistachio kaya akan protein, vitamin B6, dan magnesium yang semuanya berkontribusi peningkatan kualitas tidur. Untuk mendapatkan kualitas dan durasi tidur yang ideal, maka kamu hanya perlu mengonsumsi sekitar 30 gram kacang postachio setiap harinya.

Keju Cottage

Nutrisi utama dalam keju cottage adalah sama dengan yang ditemukan di kalkun yaitu triptofan. Asam amino yang meningkatkan kadar serotonin dan membantu Anda tidur lebih cepat.