eating 1 min

Picture by: https://www.halodoc.com/

Banyak orang yang tiba-tiba ingin melakukan diet tapi pada kenyataannya bukan berasal dari keinginan diri sendiri melainkan karena mengikuti tren semata dan hal tersebut dianggap berbahaya. Rata-rata orang seperti itu mengikuti pola dan cara para influencer di berbagai media sosial yang berhasil dengan metode diet mereka tersebut. 

Hanya saja, ada sebagian orang yang justru mengakalinya dengan cara mereka sendiri serta membuat tubuh tidak mendapatkan porsi makanan yang dibutuhkan. Ya, tidak masalah untuk menghargai dan menjaga kesehatan, tetapi memiliki aturan ketat tentang apa yang harus kamu konsumsi sebenarnya tidak juga menyehatkan, lho. Bahkan bisa membuat tubuhmu kekurangan nutrisi dan mengakibatkan gangguan pencernaan serta masuk dalam kategori disordered eating.

Nah, berikut ini adalah tanda-tanda bahwa kamu sedang mengalami disordered eating.

Fokus pada “Clean Eating” Saja

Yang dimaksud dengan clean eating adalah metode diet dengan mengonsumsi makanan non-olahan atau hanya yang benar-benar dianggap bersih dan cenderung mentah saja. Contohnya adalah kamu menolak makan cokelat batangan karena menganggapnya terlalu banyak gula, akan tetapi tetap menyantap cokelat yang terbuat dari kakao, gula kelapa atau puffed quinoa yang organik saja atau juga makan ayam goreng krispi, akan tetapi bahan adonannya dibuat sendiri dari tepung gandum dan sejenisnya.

Jadi pada intinya clean eating adalah metode diet yang tetap bebas makan apa saja akan tetapi menolak semua makanan yang menggunakan bahan pengawet atau olahan untuk masuk ke dalam tubuh dan hanya memakai semua bahan organik yang diolah sendiri saja.

Akan tetapi, justru metode clean eating ini tidak terlalu dianjurkan karena membatasi makanan yang dibutuhkan tubuh dan tidak terbukti secara medis dapat membuat tubuh sehat juga. Oleh karenanya, tidak sedikit pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa clean eating hanyalah metode obsesi diet yang tidak sehat.

Menghindari Semua Jenis Makanan Favorit karena Sudah Menganggapnya Tidak Sehat

Semua orang pastinya memilikijenis makanan favorit, bukan? Nah, ketika sudah memutuskan untuk berdiet dan kemudian ada jenis-jenis makanan favorit yang ternyata masuk dalam kategori tidak sehat, kemudian kamu menolak mengonsumsinya lagi, maka hal tersebut juga merupakan tanda baha kamu sedang mengalami disordered eating.

Memang dengan menghindari jenis-jenis makanan yang dianggap tidak sehat dapat menyehatkan tubuh, akan tetapi ketika harus terus menerus seperti itu, maka hal tersebut dianggap buruk, setidaknya untuk kesehatan pola makan diri sendiri.

eating 2 min

Picture by: https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/

Menolak Semua Makanan dari Luar Rumah

Menghindari dan menolak semua jenis makanan yang berasal dari luar rumah agar proses diet tidak gagal sering dilakukan orang yang sedang berusaha untuk membuat dirinya sehat atau ingin memiliki bentuk dan berat tubuh sesuai yang diinginkan. Hanya saja hal tersebut menurut Alissa Rumsey, seorang ahli gizi, terapis nutrisi dan pakar diet dari New York, adalah suatu tindakan yang mengerucut pada pola makan tidak teratur. 

Dengan membuat mindset seperti itu, maka kamu akan semakin terisolasi oleh pemikiranmu sendiri dan akhirnya merasa serba salah dan kerepotan sendiri karena tidak dapat makan apapun ketika sedang bepergian ke luar rumah.

Tentunya, diet teratur yang sehat dan disordered eating memiliki batasan yang sangat tipis. Oleh karenanya, kamu sendirilah yang dapat memilih dan memilah, mana yang tepat dan tidak untuk dilakukan.