kesuburan

Picture by: https://health.detik.com/

Sedang mencoba program kehamilan? Pastikan Anda, para kaum wanita mengetahui inti dari proses melahirkan dan memahami bagaimana kesehatan tubuh Anda akan mempengaruhi kesehatan calon bayi yang akan lahir.

Tentu saja ingin hamil hanya mulai tinggalkan alat kontrasepsi dan sibuklah program bersama suami. Hanya itu yang diperlukan untuk membuat bayi, bukan?

Tetapi belakangan ini banyak faktor gaya hidup dapat menghalangi perjalanan Anda menjadi ibu. Namun, banyak wanita yang kurang mendapat informasi tentang kesuburan, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam  Fertility & Sterility.

Ketika para peneliti di Yale School of Medicine mensurvei 1.000 wanita Amerika dari usia 18 hingga 40 tahun, mereka menemukan bahwa banyak wanita tidak menyadari faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi kesuburan mereka .

Berikut ini yang perlu wanita ketahui tentang kesuburan, menurut penelitian, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk berpeluang hamil dan melahirkan bayi.

Fakta Kesuburan: Obesitas dapat mempengaruhi ovulasi

Lebih dari 25 persen wanita tidak tahu bahwa obesitas dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk hamil.

Berat badan yang berlebih dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan pada tubuh, seperti penyakit tiroid, pradiabetes, diabetes, dan sindrom ovarium polikistik, yang dapat memengaruhi ovulasi,” kata Sara Pentlicky, MD, MPH, asisten profesor Obstetri dan Ginekologi di University of Pennsylvania. Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak normal atau tidak teratur, seperti siklus yang berlangsung lebih dari 35 hari, Anda mungkin tidak berovulasi setiap bulan, membuat Anda cenderung tidak hamil.

Kabar baiknya: Anda yang memiliki kelebihan berat badan, menurunkan lima sampai 10 persen dari berat badan Anda dapat meningkatkan peluang pembuahan. Jika Anda belum hamil setelah 12 bulan mencoba, buatlah janji untuk menemui dokter kandungan untuk berkonsultasi

Fakta Kesuburan: Pentingnya Asam folat

Separuh wanita tidak tahu bahwa mereka harus mengonsumsi suplemen asam folat sebelum hamil. Terlepas dari upaya March of Dimes untuk menyebarkan berita, 50 persen wanita usia subur tidak menyadari jika mereka harus mengonsumsi multivitamin yang mengandung asam folat  untuk mencegah cacat tabung saraf, seperti spina bifida . Asam folat adalah vitamin B yang membantu membangun sel-sel sehat, yang akan membantu meningkatkan kualitas telur Anda.

Saat program kehamilan, minumlah vitamin prenatal setiap hari sebagian besar mengandung 800 hingga 1.000 mcg yang dapat memenuhi kebutuhan asam folat Anda selama kehamilan nanti. Vitamin tidak bertahan lama di tubuh Anda, jadi ingatlah untuk meminumnya setiap hari.

Fakta Kesuburan: Semakin sulit untuk hamil seiring bertambahnya usia

Seperlima wanita tidak menyadari bahwa penuaan memengaruhi peluang mereka untuk hamil.

Lebih sulit untuk hamil setiap tahun bagi wanita yang mulai bertambah usia. Pada usia 30 tahun, Anda memiliki peluang 20 persen untuk hamil setiap siklus, dan akan menyusut menjadi 5 persen per siklus pada saat Anda menuju usia 40 tahun.

Ada juga resiko yang dimunculkan seperti keguguran dan cacat lahir yang lebih besar seiring bertambahnya usia. Jika Anda berusia di atas 35 tahun, temui dokter Anda jika Anda tidak hamil setelah enam bulan mencoba. Dokter akan mengidentifikasi dan menangani masalah, seperti tabung yang tersumbat pada rahim Anda.

Fakta Kesuburan: Merokok dilarang

Dua puluh lima persen wanita tidak menyadari konsekuensi dari merokok yang membahayakan konsepsi.

Merokok meningkatkan risiko penyumbatan di saluran tuba, dan akan merusak telur Anda. Saat Anda hamil merokok juga meningkatkan risiko keguguran, cacat lahir , dan bayi dengan berat lahir rendah. Jangan menunggu sampai Anda hamil untuk menghentikan kebiasaan tersebut, karena proses berhenti merokok dapat membuat tubuh Anda stres dan berpotensi pada perkembangan bayi Anda.

meroko

Picture by: https://cdn-2.tstatic.net/