yoga 6

Picture by: https://stayingalivefitness.com/

Tidak ada jenis olahraga apapun yang lebih variatif, mudah dilakukan dan dapat diadaptasi secara cepat dibanding yoga. Dengan melakukan yoga, selain akan mendapatkan kebugaran, kamu juga dapat mencapai titik inner center diri serta menjadi lebih tenang. Kamu dapat melakukan gerakan-gerakan yoga ini di manapun, baik di pusat kebugaran seperti gym, di pantai ataupun di dalam rumah saja.

Tapi, bagi yang benar-benar baru memulai yoga, kamu wajib di bawah bimbingan instruktur. Jangan sekali-kali melakukannya sendiri karena bukan tubuh bugar yang bakal didapat, tapi justru otot-otot ketarik dan sakit jadinya. Dan di bawah ini ada beberapa info penting seputar yoga yang dapat kamu simak, ya, Ladies!

Flow Yoga: Latihan untuk Kedamaian Batin

Flow yoga atau juga dikenal dengan istilah Ashtanga atau Vinyasa ini merupakan gerakan yoga yang menggabungkan antara aktivitas gerak dengan olah pernapasan yang terfokus pada penyelarasan posisi tubuh secara tepat. Kamu dapat melakukan gerakan-gerakan yoga yang masuk dalam kategori flow yoga ini secara mandiri dan dapat dilakukan dalam durasi waktu yang lama. Dengan mempraktikkan gerakan seperti ini, maka diyakini dapat menenangkan pikiran sekaligus membuat tubuh menjadi lebih rileks juga sehat.

Power Yoga: Latihan Progresif

Power yoga adalah istilah yang digunakan untuk menyebut gerakan-gerakan yoga yang mengandalkan kekuatan fisik. Tidak ada gerakan meditasi diam seperti yang kerap dilakukan di gerakan-gerakan flow yoga. Gerakan semacam ini berfungsi untuk melatih batas kekuatan fisik. Kamu juga akan mendapatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.

yoga 8

Picture by: https://med-mash.ru/

Waktu yang Tepat Melakukan Yoga

Dalam melakukan gerakan yoga, kamu tidak perlu sampai berjam-jam lamanya. Kamu dapat melakukannya antara 10 sampai 15 menit atau paling lama maksimal 50 menit. Sedangkan waktu yang tepat untuk mempraktikkan gerakan-gerakan yoga adalah di waktu pagi atau sore hari. Terserah apakah kamu ingin menetapkan fokus diri pada kekuatan atau hanya melatih kelenturan tubuh, kamu tetap harus melakukannya dengan waktu yang singkat. Jangan berlatih dalam waktu lama karena justru akan membuat tubuh menjadi sakit.

Semua Orang dapat Melakukan Yoga

Banyak orang yang beranggapan bahwa yoga hanya dapat dilakukan oleh orang-orang berusia di bawah 40 tahun saja, tapi sebenarnya hal itu merupakan pemahaman yang salah. Yoga dapat dilakukan oleh siapa saja dan dari usia remaja sampai yang sudah tua. Hanya saja, ada beberapa gerakan-gerakan yang memang tidak diajurkan untuk dilakukan oleh orang-orang yang berusia di atas 50-60 tahun.

Siap untuk melakukan yoga?