jendela

Picture by: https://www.dekoruma.com/

Ketika temperatur di luar rumah atau ruangan mulai naik, secara otomatis suhu di dalam juga ikut meningkat. Ya, tidak menjadi masalah bagi yang memiliki air conditioner (AC ) di dalam ruangan atau rumahnya, lantas bagaimana yang tidak? Pastinya akan sangat menyiksa sekali, bukan? Semua terasa gerah dan tidak menyenangkan.

Dan bagi kamu yang di dalam rumah atau kamar tidak memiliki pendingin khusus seperti AC, beberapa trik berikut dapat dicoba untuk dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih sejuk dan tidak lagi panas.

Manfaatkan Jendela Sebagai Ventilasi

Tidak hanya di siang hari saja, ketika temperatur luar ruangan meningkat, maka terkadang pada saat malam hari, suhu akan menurun drastis dan membuat suasana pagi menjadi lebih sejuk. Pada saat-saat inilah yang harus kamu manfaatkan dengan membuat ventilasi yang tepat agar dapat membawa udara segar ke dalam ruangan.

Pada jam-jam ini, kamu harus bergerak cepat karena jika terlambat, maka panas matahari akan nembuat temperatur kembali naik dengan cepat. Waktu yang ideal untuk membuat ventilasi adalah pada pukul 6 sampai 8 pagi. 

Setelah suhu mulai naik, maka kamu dapat menutup beberapa jendela dan membiarkan beberapa di antaranya terbuka. Tapi kalau hanya memiliki sedikit jendela, setidaknya biarkan satu atau dua yang tetap terbuka. Hanya saja, jangan dibiarkan terbuka begitu saja. Tutupi dengan gorden atau kain untuk menghalau sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah.

Batasi Penggunaan Lampu di Siang Hari

Ketika hari sudah semakin siang, pergunakanlah penerangan lampu seminim mungkin. Kamu bisa menyalakan lampu di tempat yang sekiranya gelap walaupun siang hari. Dengan meminimalisir penggunaan lampu, maka semakin sedikit juga emisi panas yang ada dalam ruangan.

Menggabungkan Kipas Angin dan Es Batu

Mungkin dengan hanya memakai kipas angin saja tidak terlalu berimbas dalam menurunkan suhu ruangan. Bahkan ada kalanya angin yang dikeluarkan kipas angin juga ikut menjadi panas karena temperatur naik drastis. 

Untuk mengakalinya cukup mudah. Kamu dapat menggunakan es batu yang diletakkan di wadah, baskom, panci, wajan atau apapun yang dapat menampung es tersebut. Kemudian letakkanlah di depan kipas angin yang sedang berputar. Maka secara otomatis hawa dingin yang keluar dari es akan tertiup oleh putaran kipas tersebut.

Kipas

Picture by: https://www.rukita.co/

Menggunakan Kain Basah

Konsepnya mirip dengan memakai kipas angin dan es batu. Jika kamu ingin suhu ruangan menjadi dingin, maka kamu dapat memakai kain-kain yang basah kemudian letakkanlah di depan jendela. Biar angin dapat berhembus ke dalam dan membawa hawa dingin masuk. 

Tidak perlu kamu secara tiba-tiba membasahi gorden atau penutup lainnya. Kamu dapat menggunakan kain-kain atau baju yang baru saja dicuci untuk hal ini. Akan semakin membantu sekali apabila kain-kain tersebut diletakkan tepat di jendela yang sering terkena angin.

Selamat mencoba!