Tidur 4

Picture by: https://mymilk.com/

Merasa tidak memiliki kualitas tidur bagus? Merasa waktu tidurmu berkurang drastis? Merasa kamu bermasalah dengan tidur? Tenang, kamu tidak sendirian, kok. Ada banyak orang yang juga mengalaminya. Hanya saja bukan berarti hal tersebut adalah boleh disepelekan begitu saja. Akan ada efek buruk pada kesehatan apabila kamu terus menerus tidak mendapatkan kualitas dan waktu tidur yang baik dan cukup.

Untuk itu, harus ada strategi khusus yang dapat dilakukan agar kualitas dan waktu tidur cukup diperoleh kembali. Dan cara-cara berikut ini dapat kamu gunakan agar kamu mampu memperbaiki jadwal, kualitas dan waktu tidurmu menjadi lebih baik lagi.

Hindari Cahaya Terang Berlebihan

Secara ideal, ketika kamu ingin tidur lelap, maka hindari cahaya terang yang berlebihan dan dapat menggangu mata, seperti cahaya dari layar smartphone, tablet atau juga televisi. Bahkan kamu dapat melakukan itu setidaknya satu jam sebelum tidur. Buatlah mata benar-benar rileks dari berbagai cahaya menyilaukan tersebut. Setelah itu, coba redupkan lampu kamar atau kamu bisa mematikan lampunya sebelum memejamkan mata. Kamu juga dapat menggunakan penutup mata apabila merasa masih kurang gelap.

Makan Malam Lebih Awal

Makan malam berdekatan dengan waktu tidur adalah hal yang sangat tidak dianjurkan. Selain dapat membuat makanan yang dikonsumsi hanya akan menjadi lemak jahat dan menyelimuti otot-otot tubuh, hal tersebut juga dapat membuat kualitas tidur menurun, menurut beberapa penelitian. Oleh karenanya, disarankan untuk menyantap makam malam lebih awal atau berjauhan waktunya dengan waktu tidur. Tapi apabila mendadak perut ingin diisi, maka jangan tambahkan makanan berkarbohidrat ke dalamnya, melainkan konsumsi yang kaya protein, seperti contohnya yogurt atau sejenisnya. Protein ini dapat membuat berat badan 

Mandilah Malam

Sekitar 90 menit sebelum tidur, cobalah untuk mandi atau berendam dengan air hangat. Selain dapat menenangkan, hal ini juga dapat membuat temperatur suhu kulit meningkat. Ketika suhu pada kulit dan tubuh sudah tersalurkan keluar dan kamu berada di kamar yang dingin, maka mata akan lebih mudah terpejam.

Tidur 5

Picture by: https://img.beritasatu.com/

Perhatikan Tempat Tidurmu

Dalam hal ini bukan berarti melihat, tapi kamu dapat mulai mengatur tempat yang akan kamu gunakan tidur. Apabila memang kelenturannya berkurang, maka carilah cara untuk dapat mengembalikan bentuk dan keelastisannya. Kamu juga dapat mulai mengganti sprei sampai sarung bantal dengan yang lebih bersih. Dengan tempat tidur empuk dan alas yang bersih, maka tubuh akan merasa nyaman dan mudah tertidur.

Memang masih ada banyak sekali tips yang dapat kamu gunakan untuk dapat tertidur lelap, tapi dengan menerapkan poin-poin di atas, maka tidurmu akan mendapatkan kembali kualitasnya. Selamat mencoba.