kesepian min

Picture by: https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/

Tentunya secara artian dasar, sudah dapat dibedakan antara kesepian dan menyendiri. Kesepian mengacu pada suatu keadaan di mana tidak memiliki siapapun untuk diajak berkomunikasi atau berbagi kisah, sedangkan menyendiri sendiri adalah suatu keputusan untuk menyingkir dari segala hiruk pikuk kehidupan.

Terkait dengan masalah kesepian, memang terkesan sepele, akan tetapi hal tersebut menurut banyak penelitian medis cukup berbahaya dan bahkan dapat menjadi trigger sebuah aksi bunuh diri.

Akan tetapi bukan berarti ketika kamu kesepian maka segala hal menjadi hancur dan tidak ada lagi kekuatan untuk bangkit. Kamu tetap dapat mengalahkan kesepian dengan menyibukkan diri, kok. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi aktivitas yang dapat kamu lakukan untuk keluar dari zona sepi tersebut.

Eksperimen

Tentunya ada satu waktu kamu merasa ingin melakukan sesuatu, entah itu memasak masakan baru, membuat barang tertentu atau lainnya. Maka, jangan ditunda lagi. Cobalah semuanya. Bereksperimenlah tanpa harus memikirkan bagus tidaknya di akhir. Yang terpenting adalah menyibukkan diri dan membuat perasaan dan otak tidak mati karena kesepian.

Menonton Film 

Menonton film juga dapat dijadikan salah satu cara untuk menyibukkan diri. Ada banyak genre film yang dapat kamu pilih. Kalau kamu tidak ingin menjadi sentimentil, kamu dapat meninggalkan genre-genre film romansa ataujuga yang ‘mengandung bawang.’ Carilah yang ceria, komedi ataupun yang dapat memaksa otakmu jadi berpikir, seperti contohnya film tentang detektif atau sejenisnya.

Bersih-bersih

Ya, bersih-bersih tempat tinggal atau setidaknya kamar adalah cara yang paling direkomendasikan oleh para pakar medis terkait dengan orang yang mengalami kesepian akut. Dengan membersihkan dan menata ulang tempat tinggal atau kamar, maka tidak hanya tempat tersebut menjadi bersih dan otak menjadi sibuk, kamu juga akan mendapatkan rasa fresh setelah semuanya selesai dilakukan.

kesepian 3 min

Picture by: https://www.halloriau.co

Berkebun

Memang tidak semua rumah memiliki pekarangan luas untuk dapat dipakai berkebun, akan tetapi kamu dapat melakukannya di dalam kamar dengan memakai kardus atau bak yang sudah tidak terpakai sebagai media tanam. Mulailah dengan menanam tanaman yang kamu sukai dan rawat setiap hari. Beri pupuk, sirami sampai dengan siangi tanaman tersebut.

Menulis

Menulis juga menjadi salah satu aktivitas yang sangat direkomendasikan karena kamu dapat menumpahkan segala sesuatu yang mengganjal di dalam otak dan dada. Tumpahkan semua, curahkan semua, tuangkan semua melalui coretan-coretanmu. Dengan cara ini maka kamu setidaknya akan merasa lega karena telah melepaskan beban yang selama ini membelenggu.