Aplikasi

Picture by: https://cdns.klimg.com/

Semakin bertambahnya usia, tidak sedikit yang memiliki kualitas tidur buruk. Banyak penyebab dari buruknya kualitas tidur tersebut. Mulai dari masalah sikardian yang siklusnya berantakan sampai dengan karena penyakit dalam. 

Namun tahukah kamu bahwa ketika tubuh kurang mendapatkan jam tidur yang cukup, maka mekanisme organ dalam akan terganggu dan juga akan lebih mudah stres serta capek ketika keesokan harinya. Oleh karena itu, dibutuhkan tips-tips jitu agar kamu mendapatkan kembali kualitas tidur yang baik dan imbang.

Selain dapat menggunakan terapi obat herbal atau yang dapat dibeli di apotek, kamu juga dapat memakai bantuan aplikasi mobile, lho. Seperti apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut daftarnya.

Calm

Salah satu aplikasi mobile yang tidak hanya bagus untuk meditasi, tapi juga sebagai sarana pengantar tidur adalah Calm. Aplikasi ini dapat menghasilkan suara yang menenangkan dan dapat membuat tidurmu menyenangkan. Alunan suara, nada atau musik yang diperdengarkan antara lain seperti ketika kamu berada di alam bebas pada malam hari atau juga suara-suara alam lainnya. 

Aplikasi clam

Picture by: https://jurnalapps.co.id/

Slumber

Aplikasi meditasi yang juga dapat dipakai untuk meditasi atau sarana pembantu tidur ini memungkinkan penggunanya untuk memilih berbagai suara alam, white noise, dongeng sebelum tidur, meditasi terpandu, atau bahkan “soundscapes” lainnya (seperti “Fire on The Beach”, “The Warm Jacuzzi” dan banyak lagi lainnya).

Sleep Cycle

Seperti namanya, Sleep Cycle adalah aplikasi yang sepenuhnya berfokus pada masalah tidur. Kemampuan dari aplikasi ini menggunakan deteksi gerakan untuk melacak siklus tidurmu yang ditangkapnya saat kamu tertidur. Dari situ, sistem di dalamnya akan menganalisis dan membuat grafik statistik mengenai pola tidurmu. 

Relax Melodies

Aplikasi yang mudah digunakan ini berisikan banyak melodi ringan dan menenangkan yang dapat kamu dengarkan sembari memejamkan mata. Terdapat lebih dari 100 suara-suara latar sampai dengan yang dapat kamu kustom sendiri agar cocok dengan telingan dan suasana hati. Selain itu, aplikasi satu ini juga dapat kamu gunakan sebagai sarana meditasi sebelum tidur agar tubuh benar-benar rileks dan nantinya akan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Aplikasi Relax Melodies

Picture by: https://www.wowkeren.com/

Pillow

Pillow adalah aplikasi mobile yang hanya dapat digunakan pada perangkat berbasis iOS saja. Aplikasi ini akan melacak pergerakanmu sepanjang malam saat tidur dan kemudian mengumpulkan semua datanya untuk dibuat dalam bentuk grafik yang lebih mudah dipahami. Untuk mendapatkan layanan epnuhnya, maka kamu harus membayarnya terlebih dahulu. Akan tetapi jika ingin yang gratisan pun, kamu dapat menggunakannya tapi tidak semua fitur dapat dipakai.

Aplikasi Pillow

Picture by: https://www.sabigaju.com/