tenang

Picture by: https://cdn-image.hipwee.com/

Dunia seakan tidak berpihak, pekerjaan seakan tiada henti terus menumpuk, masalah seakan bertubi-tubi datang dan berbagai hal lain yang tidak mengenakkan tentunya akan membuat pikiran, fisik dan mental menjadi down. Ketika kamu sudah dalam posisi down seperti itu, maka ketika dibiarkan berlarut-larut, maka akan menuju ke jurang stres yang tiada terputus. Stop Ladies! Berdirilah! Jangan biarkan problema get you down!

Tapi bagaimana caranya? Sebenarnya cara untuk tetap tenang dan menghalau stres itu sudah pernah kamu lakukan atau bahkan kamu ketahui sebelumnya. Hanya saja kamu tidak menyadarinya. Nah, sebagai reminder, berikut ini adalah cara-cara yang dapat kamu lakukan agar dapat stay calm ketika semua masalah bertumpuk.

Kelola Semua ‘Suara’ yang Masuk

Kamu, ya, hanya kamulah yang dapat mengontrol dan mengelola semua ‘suara’ yang masuk. Suara yang dimaksud adalah semua omongan yang datang padamu dan seakan mewajibkan kamu untuk mendengar dan melakukan perintahnya. No! Kamu tidak perlu mendengarkan semua suara yang datang. Kelola dan pilih mana yang wajib dan dapat kamu dengarkan dan mana yang harus kamu abaikan.

Carilah Kedamaian, Bukan Ketenangan

Ya, kedua kata tersebut memang memiliki definisi bebas yang hampir mirip. Akan tetapi dalam hal ini, carilah kedamaian, bukan hanya sekadar ketenangan. Ketika kamu tenang, maka kamu hanya akan merasakan tidak ada yang menggangu, tapi itu hanya sesaat saja. Lain halnya dengan kedamaian. Dalam damai, maka tidak ada lagi yang akan dapat membuatmu berlari atau melawan lagi. Dengan kata lain, jika kamu tenang, maka belum tentu kamu damai, tapi kalau kamu damai, sudah barang tentu ketenangan kamu dapatkan juga.

tenang2

Picture by: https://cdn-image.hipwee.com/

Hindari Dunia Digital

Bagi kamu yang sudah sehari-harinya terhubung dengan dunia digital dan akun-akun sosial media, mungkin ini saatnya untuk sedikit melonggarkan keterikatan itu dengan meninggalkannya sejenak. Tanpa email, sosial media atau apapun, maka kamu akan dapat lebih nyaman menjalani kehidupan.

Berolahragalah

Mungkin akan terdengar aneh ketika sedang suntuk tapi disuruh berolahraga. Tapi percayalah bahwa dengan berolahraga maka kamu secara tidak langsung menyalurkan semua emosi ke aktivitas yang kamu lakukan tersebut. Kamu dapat melakukan olahraga seperti berlari, angkat beban atau bahkan mengikuti kursus bela diri. Selain dapat menyehatkan badan, kamu juga dapat sedikit melupakan masalah yang ada.

Menulislah

Ya, menulis dapat dikatakan sebagai aktivitas pereda stres dan dalam menenangkan diri yang sangat efektif. Seperti halnya olahraga, kamu dapat meluapkan, menyalurkan atau menumpahkan segala kekesalan, uneg-uneg dan gundah gulana dalam coretan di atas kertas.

Setelah kamu merasa tenang, mulailah menyadari bahwa semua masalah pasti ada ujung dan pangkalnya. It’s OK not to be OK, kok. Kamu dapat memetakan semua akar masalah dan menganalisis untuk mencari solusinya.