masker 4

Picture by: https://asset.kompas.com/

Tahun 2020 merupakan tahun yang buruk untuk semua orang. Banyak bisnis terkendala sampai dengan anak-anak sekolahpun terkena imbasnya. Oleh karenanya, semua pemerintah di berbagai negara menyuruh masyarakatnya untuk menaati protokol kesehatan yang salah satunya adalah dengan mengenakan masker ketika keluar rumah.

Tapi, berapa kali pemakaian sebelum masker itu harus dicuci setelah digunakan? Atau apakah masker itu wajib dicuci? Untuk menjawabnya, maka simak penjelasannya berikut.

Secara umum, masker merupakan penutup sebagian wajah agar tidak terkontaminasi secara langsung dengan virus atau bakteri yang dapat masuk melalui mulut atau hidung. Ya, memang ada kemungkinan virus dan bakteri tidak dapat masuk secara langsung ke dalam tubuh melalui mulut atau hidung, akan tetapi bagaimana dengan permukaan terluar dari masker yang terpapar atau menjadi filternya?

Selain itu, dengan memakai masker dalam jangka waktu lama, seseorang akan mendapatkan ruam wajah atau yang disebut dengan istilah maskne. Ketika kulit sudah muncul ruam, maka akan sangat mudah sekali bakteri atau virus masuk melalui pori-porinya.

masker 6

Picture by: https://static.republika.co.id/

Oleh karena itu, maka para pakar kesehatan menyarankan agar mencuci masker wajah itu setidaknya setiap hari setelah digunakan. Terlebih lagi, jika tidak dicuci secara rutin, tangan adalah salah satu tempat penyalur virus dan bakteri paling memungkinkan. Ketika tangan memegang masker, entah itu saat memakai atau melepasnya, maka ada kemungkinan kamu akan tertular virus atau bakteri berbahaya, seperti Covid-19 contohnya.

Jika jenis masker yang kamu gunakan adalah yang sekali pakai, maka buanglah setelah kamu gunakan. Tetapi sebelum membuangnya, potong atau lubangi bagian depan masker agar tidak digunakan lagi oleh orang lain.

Untuk mencucinya, kamu dapat menggunakan air panas dengan suhu minimal 60 derajat Celcius. Rendam selama kurang lebih 5 sampai 10 menit dan kemudian sikat atau kucek menggunakan sabun. Setelah itu, keringkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau juga apabila tidak ada tempat seperti itu, kamu dapat mengangin-anginkannya saja. Poin terpentingnya adalah sebelum memakainya kembali, masker harus dalam keadaan benar-benar kering.

Ketika kamu mengenakan masker pada saat keluar rumah dan kemudian melepaskannya, letakkan di tempat yang terpisah dengan benda-benda lain atau juga gunakan wadah khusus untuk masker tersebut. Kamu juga bisa menggunakan plastik ziplock atau sejenisnya agar lebih aman.

Dan yang perlu diingat adalah jangan menyemprotkan alkohol atau disinfektan ke masker. Memang terdengar masuk akal, akan tetapi hal tersebut berisiko membuatmu menghirup bahan kimia secara langsung dari jarak dekat.