gigi 3

Picture by: https://images.solopos.com/

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan sangat penting karena digunakan untuk mengunyah makanan. Selain itu, gigi yang rapi juga akan menjadikan penampilan lebih maksimal. Sayangnya, masih banyak orang yang sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak gigi. Apa kamu termasuk? Intip informasinya di bawah ini, ya!

Mengunyah es batu

Setelah menikmati segelas jus atau minuman dingin, paling enak memang mengunyah es batu, ya. Tapi ternyata kebiasaan ini bisa merusak gigi. Es batu yang cukup keras bisa melemahkan lapisan gigi dan menjadikannya mudah retak atau bahkan patah. Selain itu, suhu dingin yang ekstrem dari es batu yang bisa menimbulkan rasa nyeri.

gigi 4

Picture by: https://otekoved.ru/

Suka mengonsumsi makanan yang keras

Kacang, keripik, atau jajanan lain yang memiliki tekstur keras dan renyah memang nikmat dijadikan camilan. Tapi kebiasaan mengonsumsi berbagai makanan tersebut ternyata juga tidak baik untuk gigi. Sama seperti mengunyah es batu, gigi juga bisa jadi lebih mudah retak dan patah. Selain itu, makanan yang cenderung keras juga bisa melukai gusi dan lidah serta memicu timbulnya sariawan. Tetap boleh sih, menyantap camilan-camilan tersebut tapi pastikan membatasi jumlahnya, ya.

Jarang menyikat gigi

Wah, kalau yang ini sih, memang kebiasaan yang harus dihilangkan. Menyikat gigi akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel. Kalau kamu malas sikat gigi, maka sisa makanan akan menciptakan lapisan plak yang jika mengeras bisa mengurangi kondisi gigi. Perhatikan juga ya, cara menyikat gigi yang tepat dan jangan lupa memilih pasta gigi terbaik sesuai kondisimu. Saat berkumur, gunakan air kran biasa dan bukan air hangat.

Terlalu banyak konsumsi makanan manis

Makanan manis terutama yang memiliki tekstur lengket pada gigi harus dihindari. Kalaupun kamu tidak bisa menghindari untuk mengonsumsinya, pastikan segera berkumur dan menyikat gigi setelah menyantapnya. Untuk anak-anak, kebiasaan ini juga harus diperhatikan dengan seksama. Sebab gigi anak masih rapuh sehingga jauh lebih mudah untuk berlubang atau juga patah.

gigi 5

Picture by: https://cdn.popbela.com/

Memeriksakan kondisi gigi minimal 6 bulan sekali juga perlu dilakukan. Dokter akan membantu menemukan masalah pada gigi dan memperbaikinya dengan segera. Jangan takut ke dokter gigi, sebab dengan pemeriksaan teratur berbagai masalah yang menyakitkan justru bisa dihindari. Yuk, semangat jaga kebersihan dan kesehatan gigi!