stretch mark

Picture by: https://awsimages.detik.net.id/

Stretch mark adalah salah satu hal yang tidak disukai oleh semua wanita karena membuat tubuh terlihat kurang menarik. Terlebih bagi mereka yang gemar berenang atau berjemur di pantai, maka akan terlihat memalukan sekali jika di beberapa bagian tubuh ada stretch mark yang terlihat jelas.

Sebelum membahasa mengenai cara mengatasinya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu stretch mark dan apa penyebabnya.

Apa Itu Stretch Mark dan Apa Penyebabnya?

Meskipun sebagian besar dari kita dapat mengenali stretch mark saat melihatnya, namun sedikit yang mengetahui apa itu stretch mark dan apa yang menyebabkannya. Menurut American Academy of Dermatology, stretch mark adalah bekas luka sempit yang muncul pada kulit saat diregangkan atau menyusut dengan cepat. Perubahan pada kulit kita ini menyebabkan kolagen dan elastin pecah, dan saat kulit sembuh maka akan meninggalkan bercak atau garis putih tersebut. Akan tetapi, seiring waktu, tanda ini akan memudar dan mungkin menjadi kurang terlihat lagi.

Stretch mark sangat umum terjadi pada wanita pada trimester ketiga kehamilan. Atau bahkan bagi wanita yang memiliki kelainan genetik seperti sindrom Cushing atau sindrom Marfan cenderung lebih mudah mendapatkan stretch mark pada tubuhnya. 

Cara Mengatasi Stretch Mark

Bagi yang mendapati ada stretch mark di tubuhnya, tidak perlu cemas apalagi bingung, karena menurut American Pregnancy Association, cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan tepa menjaga kulit tetap terhidrasi dengan minum air. Selain itu, dianjurkan pula untuk berolahraga untuk menjaga sirkulasi dan melembabkan dengan produk seperti Bio-Oil untuk menjaga kulit tetap kenyal.

stretch mark 1

Picture by: https://macorp.co.id/

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan krim retinoid untuk dapat mengurangi semakin banyaknya stretch mark yang muncul. Tapi jika kamu ada uang berlebih, menggunakan terapi laser juga dapat lebih cepat untuk menghilangkan stretch mark. Akan tetapi, selain cara-cara di atas, ada juga cara lain yang lebih disarankan oleh banyak dokter kulit dan bedah plastik di Amerika Serikat, yaitu menggunakan metode microneedling.

Microneedling memperbaiki warna kulit dan tampilan dari stretch mark dengan membuat luka kecil menggunakan jarum kecil. Setelah itu, kulit merespons dengan membuat kolagen baru dan mengisi lapisan dermal yang rusak. Saat lapisan dermal mengembang, warnanya memudar karena kulit menebal dan pembuluh darah mengecil yang memberi tanda regangan awal warna merah jambu atau ungu.

Apakah Stretch Mark dapat Hilang?

Sayangnya, karena stretch mark adalah bekas luka, maka sifatnya permanen. Tapi dalam banyak kasus, stretch mark akan menghilang dengan sendirinya dan lama-kelamaan tidak terlihat, terutama dengan menggunakan perawatan khusus.