makanan sehat min

Picture by: https://herstory.co.id/

Sehat adalah salah satu hal yang mutlak untuk didapatkan setiap orang di seluruh dunia. Dengan tubuh yang sehat, maka apapun aktivitasnya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. 

Salah satu cara agar tubuh tetap sehat adalah dengan mengatur apa saja yang harus kita konsumsi atau makan. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan berdasarkan aturan tak tertulis di seluruh dunia agar tubuh mendapatkan nutrisi yang baik.

Makan 7 Porsi Buah dan Sayuran Setiap Hari (Cina)

Dalam budaya Cina, setiap orang harus mengonsumsi setidaknya 7 porsi buah dan sayuran setiap harinya. Dari sisi medis dijelaskan bahwa kombinasi antara buah dan sayuran dapat membuat tubuh mendapatkan serat serta vitamin dalam jumlah besar. Terlebih lagi dari keduanya terdapat mineral serta asam folat yang dapat membantu menurunkan kadar homosistein dalam darah dan membuat risiko serangan pengakit jantung menjadi lebih kecil untuk dialami seseorang.

Menurut George Hamlyn-Williams, seorang pakar kesehatan dan diet dari Nottingham, Inggris mengatakan bahwa kombinasi 7 porsi buah dan sayuran ini melebihi rekomendasi rata-rata global yang mana hanya sekitar 5 porsi buah dan sayuran saja. Bahkan dengan kombinasi tersebut, seseorang tidak akan mudah menjadi gemuk karena akan terus merasa kenyang sepanjang hari dan menghilangkan kebiasaan ngemil yang dapat membuat seseorang obesitas.

Membatasi Asupan Daging Merah (Norwegia)

Dalam dunia kesehatan, daging merah sangatlah disarankan untuk dikonsumsi, akan tetapi akan menjadi bumerang ketika asupannya melebihi kapasitas. Oleh karena itu, orang-orang di Norwegia memiliki kebiasaan untuk tidak terlalu banyak memakan daging-dagingan merah, seperti daging sapi, kambing dan sejenisnya. 

Pakem tersebut dikarenakan orang-orang Norwegia percaya bahwa dengan mengonsumsi daging merah dalam jumlah besar, maka risiko seseorang terkena kanker kolorektal dan usus lebih tinggi daripada orang yang membatasi pengonsumsian jenis makanan tersebut.

Menurut George, apabila sangat suka daging, maka lebih disarankan untuk mengonsumsi daging unggas daripada daging merah. Ketika harus mengonsumsi daging merah pun, jumlahnya harus lebhi sedikit atau setidaknya 3 porsi kecil dalam seminggunya. 

makanan sehat 1 min

Picture by: https://d324bm9stwnv8c.cloudfront.net/

Memilih Makanan Alami (Brasil)

Orang-orang Brasil memiliki pengetahuan dasar terkait makanan harian yang dapat mereka konsumsi, yaitu membatasi untuk makan-makanan olahan dan memilih makanan alami atau organik. Hal itu dikarenakan makanan olahan pastinya akan memiliki kandungan gula dan garam yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan alami yang diproses secara manual.

Dengan seringnya mengonsumsi makanan olahan, maka tubuh akan mengalami penambahan berat yang tidak seimbang dan dapat merusak metabolisme. Ditambah lagi, makanan-makanan olahan tersebut memiliki kandungan karbohidrat lebih banyak dibandingkan dengan serat dan protein yang mana sangat diutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi Makanan yang Berasal dari Air (Jepang)

Sudah bukan satu hal yang baru lagi apabila banyak restoran-restoran asli Jepang menyuguhkan hidangan yang bahan utamanya berasal dari air, seperti ikan, kerang, kepiting dan lain sebagainya. Orang-orang Jepang merekomendasikan untuk siapa saja mengonsumsi 3 sampai 5 porsi ikan setiap harinya.

Bahkan hingga hari ini, Jepang adalah negara dengan penduduk yang mengonsumsi makanan laut dan air tawar terbesar di dunia. Dan dengan sering mengonsumsi ikan-ikanan atau yang berasal dari laut, maka tubuh akan mendapatkan asam lemak omega-3 dalam jumlah besar dan sangat bagus untuk kesehatan otak.

Tidak hanya itu saja, ikan juga dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat menyehatkan jantung dan dapat mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung, stroke dan sejenisnya. Hanya saja, setelah mengonsumsi bahan makanan dari laut atau air lainnya, maka harus diimbangi dengan minuman penetralnya, salah satunya adalah teh tawar agar dapat menurunkan kadar merkuri di dalam makanan tersebut.