mencukur 3

Picture by : https://geosiar.com/

Menjaga kebersihan organ intim adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain dengan membersihkannya secara teratur, kamu juga perlu merapikan dan mencukurnya agar tidak terlalu panjang. Untuk yang belum pernah melakukan hal ini sebelumnya, yuk simak cara mencukur rambut kemaluan berikut ini!

Bersihkan Alat yang Akan Digunakan

Sebelum merapikan rambut-rambut kemaluan, gunakan gunting, alat cukur, silet baru atau yang khusus. Jangan gunakan alat yang sudah digunakan untuk mencukur bulu ketiak, bulu-bulu kaki atau lainnya untuk diaplikasikan ke bagian tersebut. Jika alatnya adalah baru, maka tidak ada masalah lain, tapi apabila kamu memakai alat yang memang khusus untuk digunakan merapikan rambut kemaluan, tapi sudah beberapa kali dipakai, maka harus dibersihkan terlebih dulu. 

Pada intinya, semua alat yang sudah dibuka dari bungkusnya dan kemudian dipakai, maka saat didiamkan dalam beberapa waktu atau hari, maka akan ada debu, bakteri, kuman yang menempel di permukaannya. Oleh karenanya, bersihkan dulu alat tersebut secara menyeluruh menggunakan alkohol. Apabila tidak memiliki alkohol, kamu dapat memakai sabun. Setelah itu, pastikan alat tersebut masih cukup tajam untuk digunakan. 

Mandilah Terlebih Dulu

Entah kamu akan merapikannya sampai hampir gundul ataupun membentuknya, tetap saja disarankan untuk mandi terlebih dulu. Fungsinya adalah agar tubuh terutama di bagian tersebut menjadi lebih higienis dan bersih. Disarankan pula untuk berendam atau menggunakan pancuran sekitar 5 menit agar kulit di bagian tersebut dapat mengembang dan lebih lembut.

cukur 2

Picture by: https://tap-assets-prod.dexecure.net/

Gunakan Gel atau Busa

Apapun alat yang akan kamu gunakan untuk mencukur atau hanya sekadar merapikannya saja, tetap disarankan untuk menggunakan gel atau busa. Tujuannya agar dapat meminimalisir terjadinya gesekan dan menghindari goresan. Ditambah lagi, jika kamu menggunakan gel atau busa maka dapat lebih mudah melihat bagian mana saja yang sudah dicukur dan yang belum. Cukup berbahaya jika kamu mencukur daerah yang sama lebih dari dua kali karena dapat berisiko menyebabkan iritasi kulit.

Potong Sesuai Arah Pertumbuhan Rambut

Ketika memotong atau mencukur rambut di daerah kemaluan, maka yang patut kamu perhatikan adalah untuk tidak melawan arah pertumbuhannya. Dengan melawan arah pertumbuhan, maka akan berisiko menciptakan potensi luka, iritasi sampai dengan menimbulkan inflamasi. Ditambah lagi ketika kamu memotong searah pertumbuhan rambut, maka hasilnya akan lebih halus.

Cuci Setelah Cukur atau Potong

Tentu saja, setelah mencukur atau memotong, kamu wajib membersihkan daerah tersebut dengan mencucinya. Kamu dapat menggunakan sabun mandi atau sejenisnya. Setelah itu, keringkan dan kemudian kamu dapat menaburkan bedak.