jerawat 1

Picture by: https://www.prosehat.com/

Jerawat memang momok paling meyeramkan bagi semua orang tak terkecuali wanita maupun pria. Jerawat termasuk ke dalam penyakit kulit yang disebabkan penyumbatan pori-pori oleh bakteri, sel kulit mati dan minyak yang tak terkontrol. 

Tapi juga banyak yang meyakini makanan menjadi salah satu penyebab jerawat lebih meradang. Karena beberapa makanan dapat meningkatkan jumlah produksi hormon insulin. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah jerawat kamu lebih meradang, coba yuk hindari memakan makanan berikut.

Jenis Makan dan Minuman Kaya akan Kandungan Gula

Karena jerawat berkesinambungan dengan hormon insulin, maka mengurangi makanan dengan kandungan gula atau karbohidrat sangatlah penting. Beberapa makanan dan minuman berikut adalah penghasil gula dan karbohidrat tertinggi antara lain nasi putih, berbagai jenis kue baik kue kering maupun kue tart, permen, minuman kemasan, soda dan makanan yang mengandung terigu. 

Makanan Dairy Product

Dairy Prooduct merupakan jenis makanan yang mengandung susu maupun olahan susu. Mengkonsumsi dairy product terlalu sering akan  mengakibatkan jerawat kamu berbondong-bondong menyerang wajah. Hal ini dikarenakan dairy product juga mengandung hormon insulin, jika kandungan hormon ini terlalu banyak maka akan memicu peningkatan produksi sebum. 

Jangan salah coklat dan keju merupakan makanan olahan susu yang menjadi faktor utama pemicu masalah jerawat kamu lho. Jadi, sedikit kurangi konsumsi makanan itu ya.

jerawat 2 1

Picture by: https://kenresearchreport.files.wordpress.com/

Hindari Fast Food

Fast food sangat terkenal dengan makanan yang paling disukai. Tapi tahukah kamu bahwa makanan ini mengandung gula, garam dan olahan susu yang cukup tinggi lho. Hal ini merupakan faktor utama meradangnya jerawat. 

Selain itu fast food juga mengandung minyak yang tinggi. Dimana hal ini lah yang harus dihindari, karena pada minyak terdapat lemak jenuh yang juga meningkatkan produksi sebum lebih tinggi. Hal ini bukan berarti kamu harus menghindari sama sekali semua makanan cepat saji, tapi setidaknya makanlah paling banyak sebulan satu kali ya.

Jadi untuk kamu yang suka jajan makanan cepat saji dan minuman kekinian sebaiknya dikurangi ya. Ganti waktu nongkrong kamu dengan berolahraga di tempat gym atau di rumah, selain lebih bermanfaat hal ini juga lebih sehat.

Tapi perlu diketahui juga bahwa nggak semua pemicu jerawat berasal dari makanan yang kamu konsumsi. Faktor lain pemicu muka berjerawat antara lain adalah hormon saat pubertas, infeksi bakteri, kualitas tidur yang tidak maksimal, pola makan yang berantakan dan malasnya kamu menjaga kebersihan kulit.