makanan dilarang 2 min

Picture by: https://s1.bukalapak.com/

Menjadi calon ibu merupakan tanggung jawab besar yang harus diemban oleh setiap wanita. Banyak sekali pantangan yang harus dihadapi baik saat setelah menikah, sebelum hamil, saat hamil maupun setelah menjadi seorang ibu. 

Ulasan berikut akan membahas mengenai pantangan makanan yang harus dihindari oleh calon ibu yang sedang mengandung pada fase trimester tiga. Fase trimester tiga merupakan masa di mana sang bayi semakin besar dan semakin mendekati proses persalinan. 

Oleh karena itu, diharapkan untuk kamu mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan menghindari beberapa jenis makanan untuk menjaga kondisi sang ibu dan kesehatan si bayi nantinya. Penasaran apa sajakah makanan itu? Yuk simak ulasan di bawah ini. 

Makanan atau Minuman yang Mengandung Kafein 

Banyak orang yang berpikir meminum minuman panas seperti teh dan coklat di pagi hari dapat membuat tubuh lebih hangat. Padahal tahukan kamu, bahwa teh dan coklat adalah minuman yang mengandung kafein dalam jumlah yang cukup tinggi. 

Minuman yang mengandung kafein akan memicu tingginya asam lambung dan mengakibatkan mual, selain itu kafein juga tidak disarankan untuk wanita hamil karena dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Padahal kalsium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin. 

makanan dilarang min

Picture by: https://1.bp.blogspot.com/

Daging Mentah atau Setengah Matang

Daging memang salah satu bahan makanan yang sangat disarankan untuk ibu hamil. Hal ini karena daging mengandung zat besi dan protein yang bagus untuk perkembangan janin. Tapi daging yang diperbolehkan untuk dimakan ibu hamil adalah daging yang diolah dengan matang secara menyeluruh. 

Hindari mengkonsumsi daging yang masih mentah atau setengah matang. Sebagai contoh kamu memesan steak di sebuah restoran pastikan untuk meminta tingkat kematangan 100%. Jangan biarkan masih ada daging yang berwarna merah atau bahkan merah muda. 

Hal ini dikarenakan daging yang mentah atau masih setengah matang mengandung toksoplasma yang berbahaya untuk ibu hamil dan janin. 

Makanan dengan Kadar MSG yang Tinggi

Untuk kamu yang sedang hamil trimester tiga pastikan untuk sedikit mengurangi MSG. Pasalnya MSG yang berlebih akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Hal ini akan menghambat proses kelahiran secara normal. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang kamu tau seberapa banyak kadar garam yang dimasukkan dalam masakan tersebut. 

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari untuk ibu hamil trimester tiga. Jadilah ibu yang teliti dan mementingkan kesehatan si calon bayi dan dirimu ya!