Makanan sehat

picture by : https://www.ift.org

Masakan sehat merupakan salah satu faktor agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Sayur-mayur merupakan salah satu bahan yang memiliki berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dikarenakan sayur kaya akan kandungan vitamin, kalsium, protein, mineral dan karbohidrat.

Hal ini lah yang menyebabkan sayur merupakan makanan wajib yang harus dikonsumsi setiap harinya. Selain itu mengkonsumsi sayur setiap hari dapat mencegah anemia, merawat dan membantu regenerasi kulit, menjaga kesehatan mata hingga berfungsi sebagai antiaging. 

Tak perlu sedih, banyak sekali olahan sayur yang bisa kamu jadikan masakan setiap harinya. Sehingga dijamin kamu dan keluarga di rumah tidak akan bosan. Untuk itu yuk simak resep simple memasak sayur yang bisa kamu coba di rumah.

Cah Kangkung Masakan Simple Anti Gagal

Kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk menguatkan tulang, sendi dan otot, menyehatkan mata, melancarkan pencernaan bahkan bisa menurukan berat badan.

Olahan kangkung yang banyak digemari adalah cah kangkung. Bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak, untuk satu porsinya kamu hanya membutuhkan 3 hingga 4 ikat kangkung yang telah dibersihkan, 3 siung bawang putih dan bawang merah, 1 sdm saus tiram, 2 buah tomat, 1 buah cabai merah, 2 sdm minyak garam, gula, kaldu ayam, terasi secukupnya.

Cara memasaknya cukup mudah, hampir sama dengan memasak olahan cah pada umumnya. Pastikan untuk tidak melewatkan terasi ya. Karena akan menambah kesedapan masakan berkali-kali lipat.

Makan sehat
picture by : https://www.housedelic.com

Tumis Buncis, Jagung dan Wortel

Bahan yang dibutuhkan dari tumis buncis, jagung dan wortel ini juga sangat mudah ditemui lho. Antara lain untuk satu porsinya dibutuhkan 150 gram buncis, 1 hingga 2 serutan jagung manis, 1 wortel berukuran besar, cabai merah sesuai selera, 2 siung bawang merah dan bawang putih, 100 ml air, garam, gula dan penyedap jamur secukupnya, yang terakhir 50 ml minyak.

Cara membuatnya cuci semua bahan yang telah kamu siapkan, iris buncis, wortel, cabai dengan potongan berbentuk seperti jajar genjang atau ujung yang miring, blender bumbu bawang putih dan bawang merah dan siapkan jagung. 

Panaskan minyak dan mulai tumis bumbu terlebih dahulu, jika bumbu sudah harum masukkan wortel dan tumis sampai setengah layu, lalu masukkan jagung, buncis, dan cabai. Aduk rata dan masukkan air. Setelah itu beri garam, gula dan penyedap jamur sesuai dengan selera. 

Kedua jenis olahan di atas bisa kamu jadikan salah satu makanan sehat sehari-hari lho. Selain sehat olahan ini sangat mudah untuk dicoba. Yuk jadikan diri sehat dengan makan sayur setiap hari!