langsing3

Picture by: https://d15hng3vemx011.cloudfront.net/

Banyak orang yang menginginkan bentuk dan berat badan ideal. Berbagai hal dilakukan untuk dapat mencapai titik tersebut, mulai dari berolahraga berat, melakukan diet sampai dengan menggunakan terapi mahal. Tapi sebenarnya, jika kamu tidak mendapatkan kualitas tidur yang bagus serta kurang jam tidurnya, maka hal itu justru dapat menggagalkan upayamu untuk memiliki tubuh dan berat badan ideal.

Ya, menurut penelitian yang dilakukan oleh 2 dokter asal Belgia mengatakan bahwa dengan tidak memiliki waktu tidur yang cukup, maka secara otomatis akan mengganggu hormon di dalam tubuh. Karena durasi dan kualitas tidur jelek, maka memicu bertambahnya kalori dalam tubuh yang mana kemudia membuat tubuh bertambah 1 sampai 2 kilo setiap bulannya.

“Saat kita tidur seorang manusia mengeluarkan banyak hormon yang mempengaruhi metabolisme dan kebiasaan makannya. Dalam hal ini kortisol, insulin, hormon pertumbuhan, leptin dan ghrelin. Pada malam hari, kortisol atau hormon reaktivitas berada di tingkat paling rendah sekitar tengah malam dan kemudian naik lagi pada pagi hari. Sedangkan hormon pertumbuhan maksimal antara jam 9 malam dan tengah malam kemudian menurun. Leptin dan ghrelin atau hormon yang merangsang rasa lapar ini bekerja dengan tidak optimal karena kurangnya waktu tidur seseorang,” jelas Dr. Plumey, salah seorang peneliti tersebut.

langsing

Picture by: https://bebaspedia.com/

Dan yang menjadi pertanyaan adalah kenapa kurang tidur menjadikan seseorang bertambah gemuk?

“Jika seseorang terus terjaga yang mana seharusnya tidur, maka ritme dan pola tidur serta metabolisme dalam tubuh menjadi terganggu. Hormon-hormon tersebut akan menjadi kacau karena tidak lagi mengetahui kapan waktunya bekerja atau dalam kata lain tidak mengenali siang sebagai waktu aktivitas dan malam sebagai waktu istirahat. Oleh karena itu, tubuh menjadi stres dan memicu peningkatan kalori berlebih yang kemudian dikonversi menjadi lemak jahat.”

Dalam posisi kurang tidur, maka manusia akan cenderung mengonsumsi makanan yang menenangkan dan mengenyangkan seperti makanan yang bertepung, manis serta yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Kenapa hal tersebut terjadi? Hal itu disebabkan ketika kurang tidur maka tubuh akan memproduksi lebih sedikit leptin dan memperbanyak produksi ghrelin yang menyiratkan bahwa perlunya asupan makanan lebih karena seseorang tersebut tetap terjaga seperti halnya siang hari.

Jadi, sebelum melakukan diet ketat ditambah dengan olahraga berat untuk mendapatkan bentuk dan berat badan yang ideal, kamu perlu menata terlebih dahulu jam dan kualitas tidurmu. Jangan biarkan berantakan atau usahamu akan sia-sia.