Konsumsi Jahe Setiap Hari

Picture by : https://presentations.akamaized.net/

Kita semua tahu bahwa buah dan sayur sangat baik untuk tubuh dan kesehatan. Bahkan kita juga diwajibkan untuk berbagai jenis makanan beberapa kali dalam sehari. Akan tetapi tahukah kamu bahwa ada rempah-rempah tertentu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Ya, salah satunya adalah jahe. Ternyata, akan ada manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan dan tubuhmu jika mengonsumsi jahe setiap hari.

Untuk mengetahui informasi lengkapnya, berikut ini penjelasan singkatnya.

Jahe

Jahe merupakan rempah dengan rasa yang sangat kuat. Tidak hanya sangat enak, tetapi juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Jahe mengandung gingerol, shogaol, zingiberene, dan berbagai macam vitamin juga mineral. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika jahe masuk dalam daftar sejarah pengobatan beratus-ratus tahun lamanya. Berabad-abad yang lalu, jahe digunakan untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Tidak hanya itu saja, banyak orang dari generasi ke generasi mengonsumsi jahe secara rutin untuk dapat membantu menjaga kesehatan tubuhnya.

Cara Pengonsumsian

Mengonsumsi jahe setiap hari selama satu bulan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk mengonsumsinya, kamu harus terlebih dahulu memotongnya sekitar 1,5 cm dan potongan-potongan kecil yang seterusnya dapat kamu campur dengan smoothie, teh, atau hidangan lainnya.

Manfaat Bagi Tubuh

Jahe mengandung gingerol atau sebuah zat bioaktif yang membantu mengurangi gejala seperti mual dan muntah. Zat ini juga membantu mengurangi nyeri pada persendian yang meradang. Jahe juga mengandung shoagol atau zat dengan efek analgesik yang juga membantu melawan kanker dan penyakit jantung. Zingiberene dalam jahe sangat baik untuk pencernaan. Namun tidak hanya itu saja, jahe juga memiliki efek antidiabetik serta meningkatkan fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi Minuman Jahe Setiap Hari

Picture by : https://okezone.com

Manfaat Lainya

Anti inflamasi: Peradangan di tubuh berkurang lebih cepat. Ini karena efek anti-inflamasi yang terkandung di dalam jahe.

Mual menghilang: Apakah kamu sering merasa mual di pagi hari? Dengan mengonsumsi jahe setiap hari maka hal tersebut dapat membantu menghilangkan rasa mual itu.

Mengurangi nyeri otot: Apakah kamu sering mengalami nyeri otot atau sakit di tungkai? Makan jahe bisa memberikan pengaruh yang baik dalam hal ini. Konsumsi jahe setiap hari secara bertahap akan menghilangkan rasa sakit tersebut.

Meningkatkan pergerakan usus: Mengonsumsi jahe setiap hari sangat baik untuk pencernaan dan dapat membantumu mudah dalam BAB. Bagi yang sering alami sembelit, maka jahe menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasinya.

Nyeri haid: Bagi wanita yang sering mengalami sakit saat datang bulan, maka dengan mengonsumsi jahe secara terus menerus, maka dapat membuat rasa nyeri tersebut secara perlahan menghilang, bahkan jahe juga dapat meredakan nyeri perut akut.

Menurunkan Kolesterol: Makan jahe setiap hari selama sebulan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Jumlah trigliserida dalam darah juga dapat berkurang ketika kamu rutin mengonsumsi jahe.

Merangsang sistem kekebalan: Sifat anti-inflamasi dalam jahe memperkuat sistem kekebalan tubuh.