Jangan Diremehkan Ketahui Yuk Penyebab Pemicu Sariawan

Picture by : https://netral.news/

Sariawan atau bisa dikenal dengan lesi mulut, istilah tersebut biasa disebut karena adanya salah satu luka yang terjadi dalam rongga mulut. Penyakit satu ini bisa saja terjadi pada siapa saja, terutama pada orang yang sedang lelah, terlalu keras dalam sikat gigi dan tertusuk makanan yang tajam saat masuk ke dalam mulut.

Lesi ini akan sangat menganggu ketika kamu sedang berbicara, makan atau bahkan jika luka yang diakibatkan terlalu besar dapat menganggu penampilan kamu. Lalu faktor apa saja sih yang paling sering terjadi memicu adanya sariawan ini? Yuk langsung saja simak ulasan berikut.

Stres

Stres merupakan salah satu pemicu segala macam penyakit salah satunya adalah sariawan. Gangguan kecemasan yang mengakibatkan sariawan ini biasanya terjadi karena kebiasaan yang tidak baik dalam hal suka menggigit beberapa daerah pada mulut seberti lidah, bibir maupun dinding pada mulut.

Sehingga untuk menghindarinya kamu harus menghentikan kebiasaan buruk tersebut ya!

Trauma Kimiawi

Trauma kimiawi merupakan salah satu trauma yang diakibatkan oleh beberapa obat kimia yang biasa digunakan untuk pengobatan pada gigi. Beberapa obat kimia tersebut adalah hydrogen peroxide dan phenol.

Bahkan terkadang tambalan gigi yang bocor dapat menyerang lapisan luar rongga mulut sehingga mengakibatkan sariawan.

Trauma Mekanis

Trauma mekanis merupakan trauma yang sering terjadi, hal ini dikarenakan adanya benturan secara langsung antara benda-benda tajam pada mulut dengan lapisan terluar pada dinding mulut, lidah maupun bibir.

Biasanya trauma mekanis ini sering terjadi pada pengguna gigi palsu atau kawat gigi, gesekan gigi palsu yang sudah longgar dan kawat gigi yang sudah tidak berada tepat pada tempatnya akan mengakibatkan luka yang dalam pada mulut.

Pengobatan apa pun yang telah diberikan tidak akan ampuh jika faktor penyebab terjadinya gesekan atau benturan tidak segera ditangani.

Jangan Diremehkan Ketahui Yuk Penyebab Sariawan

Picture by : https://www.powelldentalgroup.com

Trauma Thermal

Trauma yang satu ini pasti sering terjadi pada orang yang tidak sabar menunggu makanan untuk sedikit dingin. Pasalnya, trauma thermal merupakan trauma yang diakibatkan oleh makanan panas yang biasanya terjadi pada lidah dan langit-langit mulut.

Jadi sangat disarankan untuk kamu bersabar dan mencicipi sedikit terlebih dahulu makanan yang akan disantap, jangan sampai mengkonsumsinya jika suhu pada makanan masih sangat panas.

Dari keempat faktor penyebab di atas kira-kira mana nih yang sering kamu alami? Selain itu ternyata sariawan juga dapat terjadi karena adanya riwayat keluarga lho.