ngemil

Picture by: https://cdn2.tstatic.net/

Ketika sudah waktunya tidur dan ternyata perutmu masih meronta ingin diisi, ya bagaimana lagi, sesegeralah pergi ke dapur untuk mencari apa saja yang dapat dimakan. Hanya saja, jangan makan makanan berat ketika sudah akan beranjak tidur karena tidak bagus juga untuk kesehatan dan membuat banyak sisa makanan yang akhirnya tersimpan menjadi lemak.

Hanya saja, ada beberapa jenis makanan ringan yang dapat kamu konsumsi sebelum tidur yang mana justru dapat membuatmu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Tidak hanya itu saja, jenis-jenis makanan ringan ini juga dapat mendukung terciptanya kolesterol baik serta melancarkan peredaran darah. Apa sajakah makanan ringan yang menyehatkan itu? Berikut daftarnya.

Kacang almond

Kacang Almond

Picture by: https://www.harapanrakyat.com/

Kacang almond merupakan jenis makanan ringan yang dapat membuat tidurmu lebih nyenyak. Hal itu dikarenakan terdapatnya senyawa melatonin yang dapat membantu mengatur siklus alami tidur dan bangun manusia. Tidak hanya itu saja, kandungan magnesium dalam jumlah besar di dalamnya juga dapat mendukung produksi melatonin.

Pisang

pisang

Picture by: https://statik.tempo.co/

Secara alami, pisang memiliki kandungan serotonin yang sangat besar. Seratonin ini juga mendukung produksi melatonin. Jika kamu kesulitan tidur, maka olehskan mentega almond di atas pisang dan kemudian santaplah sebelum tidur.

Ceri

ceri

Picture by: https://cms.sehatq.com/

Beberapa jenis ceri, termasuk richmond dan montmorency, mengandung melatonin, serta antioksidan yang meningkatkan produksi triptofan. Triptofan sendiri dapat membantu membuat kamu cepat mengantuk. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan ini atau minum jus ceri asam dapat meningkatkan kualitas tidur.

Oat

oat

Picture by: https://awsimages.detik.net.id/

Biji-bijian utuh seperti oat merupakan jenis makanan ringan kaya serat yang dapat kamu konsumsi sebelum tidur. Dengan mengonsumsi oat, maka dapat membantu mencegah rasa lapar, sekaligus mendukung produksi melatonin. Jika kamu kelaparan sebelum tidur, nikmati semangkuk kecil oatmeal dengan tambahan sedikit almond. 

Biji labu

biji labu

Picture by: https://cdn.sindonews.net/

Biji labu yang sudah dimasak sangat kaya akan kandungan magnesium . Camilan segenggam biji labu di mangkok kecil dengan sedikit taburan beberapa oatmeal di atasnya, maka dapat meningkatkan produksi melatonin secara alami.

Selain makanan ringan, ada jenis minuman yang juga dapat kamu nikmati sebelum tidur.

Teh herbal

teh herbal

Picture by: https://ds393qgzrxwzn.cloudfront.net/

Teh herbal dengan bahan dasar campuran seperti valerian, chamomile, lavender, dan lemon balm adalah obat penenang alami. Kamu dapat meneguk segelas teh campuran tersebut untuk membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas. Atau paling tidak, menikmati secangkir teh sebelum tidur bisa membantumu rileks dan bersiap untuk tidur.

Susu hangat

susu hangat

Picture by: https://d2ih5qgee2kfcl.cloudfront.net/

Susu hangat bukan hanya dapat menyehatkan tulang dan tubuh, tapi juga dapat membantumu tidur nyenyak ketika kamu meminumnya beberapa saat sebelumnya. Susu mengandung melatonin dan triptofan, yang sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang susah tidur.

Selamat mencoba!