Tanda diabetes

Picture by: https://asset.winnetnews.com/

Buat kamu kaum yang takut dengan jarum suntik, pasti enggan melakukan medical check up? Lalu bagaimana dong cara kamu tahu bahwa penyakit apa yang sudah bersarang di diri kamu? Tentunya sulit bukan?

Saat ini banyak penyakit yang orang tidak menyadari telah mengidapnya. Salah satunya adalah diabetes. Nah, berbicara mengenai penyakit yang bernama diabetes ini, untuk dapat mengetahui, mau tidak mau harus dilakukan pemeriksaan melalui pengambilan darah. 

Tapi, jika kamu ingin mengetahui gejalanya tanpa harus pergi ke lab untuk medical check up, maka informasi di bawah ini sangat penting untuk kamu ketahui. 

Gejala yang biasa terjadi pada penderita diabetes adalah mudah mengantuk dan cepat lelah. Pada umumnya penyakit diabetes disebabkan karena tubuh kamu tidak dapat memproduksi insulin dalam julmah yang mencukupi. Hal ini biasa disebut dengan diabetes tipe 1.

Lho kok ada tipe 1, berarti ada tipe 2 dong? Jawabannya adalah ya, ada diabetes tipe 2. Trus apa yang terjadi dengan penderita diabetes tipe 2 ini? Yang terjadi adalah tubuh mereka masih bisa memproduksi insulin dengan jumlah yang dibutuhkan.

Tanda diabetes2

Picture by: https://img.benesse-cms.jp/

Lalu kok masih bisa terkena diabetes? Tentu bisa, karena sel-sel pada tubuh mereka sudah nggak mampu menggunakan insulin dengan benar. Yang terjadi tubuh tidak dapat mentransfer gula ke dalam sel dan pada akhirnya kamu kekurangan energi dan ngantuk deh. 

Lalu musuh besar bagi penderita diabetes adalah tidak bisa mengontrol makanan apa yang masuk ke tubuh. Pasti sedih banget kan harus menahan diri untuk memakan cake yang manis, cokelat yang menenangkan, minuman bersoda yang menyegarkan. Tapi mengkonsumsi makanan seperti itu hanya akan memperburuk kondisi tubuh kamu lho. Kamu perlu memastikan kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh harus sesuai dengan yang kamu butuhkan. No more cake ya!

Jadi intinya kamu nggak boleh tuh makan makanan yang memiliki kandungan glukosa berlebih. Selain itu kamu harus mengontrol kalori yang masuk ketubuh, karena makanan yang memiliki kalori berlebih akan membuat jumlah gula darah melonjak dengan drastis. Dan sangat diharamkan untuk kamu wahai penderita diabetes untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak jenuh dan lemak trans secara berlebih. 

Misalnya kamu boleh nih makan daging merah, eits tapi hanya dibatasi tiga bulan sekali aja lho, karena daging merah umumnya mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Dan yang paling penting rutinlah berolahraga ya, supaya semua organ tubuh kamu bekerja dengan baik!