Hiking

Picture by: https://alphaadventurenet.files.wordpress.com/

Ketika kamu bosan dengan rutinitas kerja yang itu-itu saja, melakukan travelling merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan. Dengan melakukan travelling pikiran yang suntuk akan terefresh dan semangat yang hilang akan kembali menggebu-gebu.

Bagi kaum pecinta outdoor, hiking atau pergi ke gunung merupakan travelling yang paling dinanti. Selain itu, pergi hiking akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat lho. Sebelum melakukan perjalanan hiking, ketahui dulu yuk apa manfaat hiking berikut.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung 

Penyakit jantung terjadi karena adanya kerusakan atau penyumbatan baik pada jantung itu sendiri atau pembuluh darah yang berada disekitarnya. Dengan begitu orang yang menderita penyakit jantung sangat disarankan untuk melakukan olahraga kecil. 

Dengan demikian melakukan hiking akan membuat peredaran pembuluh darah lancar dan melatih kinerja jantung. Sehingga, olahraga ini memang sangat cocok untuk membantu proses penyembuhan ataupun mencegah orang untuk terserang penyakit jantung .

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis disebabkan karena menurunnya kepadatan tulang pada tubuh. Hal ini dikarenakan proses pembentukan sel-sel untuk membentu tulang yang baru sedikit melamban. Hiking merupakan olahraga yang digadang-gadang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Karena salah satu olahraga yang disarankan untuk penderita osteoporosis adalah olahraga yang menahan beban. 

Ketika kamu melakukan hiking¸sudah dipastikan kamu akan membawa beban atas dirimu sendiri dan tas yang besar untuk keperluanmu di gunung. Sehingga, hal inilah yang menyebabkan bahwa memanjat gunung menjadi pilihan yang tepat untuk membantu kamu meregenerasi tulang.

Hiking 2

Picture by: https://mydm.metroannex.com/

Mengurangi Berat Badan 

Hiking dikenal dengan olahraga berjalan yang memiliki banyak tantangan. Tantangan menanjak, menurun, berbatu, berlubang dan lain sebagainnya. Oleh karena itu, ketika kamu melakukan perjalanan selama di gunung akan membuat pembakaran kalori tubuh 2x lipat lebih cepat daripada kamu hanya duduk dan bekerja.

Belum lagi ketika di gunung kamu membawa stok makanan yang nggak terlalu banyak. Sehingga hal tersebut mendukung untuk mengurangi berat badan pada tubuh. Tapi ingat penurunan berat badan sat mendaki adalah bonus, yang terpenting kamu tetap mengikuti aturan memanjat gunung dengan baik dan kembali dengan sehat.

Mengusir Stres Berlebih 

Ketika sibuk bekerja, hal yang setiap hari kamu lakukan hanyalah memandang monitor yang terus menyala. Hal ini yang menyebabkan kamu merasa jenuh dan attention overload. Maka sangat disarankan untuk pekerja giat sepertimu untuk melihat pemandangan hijau. 

Melihat pemandangan hijau yang membentang luas akan menjadi stress realease. Selain itu kepuasan ketika melihat pemandangan yang sangat indah di gunung akan membooster mood kamu.  Membuat suasana hati yang berbunga-bunga juga akan mengembalikan semangat kerja kamu lho.

Setelah mengetahui manfaat hiking di atas,  apakah kamu siap  untuk melakukan perjalanan menyenangkan ini bersama sahabat kamu? Ajaklah sahabatmu untuk menikmati pemandangan indah ini di akhir pekan ya.