kadar gula darah

Picture by : https://cdn.harianpijar.com

Tidak memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes belum tentu membebaskan kamu dari penyakit yang satu ini. Di usia berapa pun kamu bisa saja mengidap penyakit mengerikan ini jika memiliki kadar gula darah yang tinggi dan dibiarkan begitu saja.

Ukuran kadar gula darah normalnya berada pada angka sekitar 70-100 mg/dL, kadar ini berlaku untuk pengukuran sebelum mengonsumsi makanan apa pun. Itulah mengapa orang yang ingin melakukan medical check up disarankan untuk berpuasa. 

Tetapi pada dasarnya orang yang memiliki tekanan gula darah yang normal akan memiliki kadar kurang dari 180 mg/dL setelah makan. Sedangkan orang yang mengalami diabetes akan mengalami lonjakan yang melesat sehingga diwajibkan untuk mereka melakukan penyuntikan insulin secara berkala untuk menghindari lonjakan tersebut. 

Sebagai waspada sejak dini ada baiknya kamu mulai mengetahui tanda-tanda yang biasanya terjadi pada orang yang memiliki kadar gula darah berlebih. Lalu apa sajakah tanda-tanda tersebut? Yuk mari simak ulasan berikut.

Lebih Cepat Lelah dan Mengalami Penurunan Kualitas Gerak

Pernahkah kamu merasakan tubuh tiba-tiba lemas dan sering mengantuk di saat-saat yang seharusnya jam aktif untuk bekerja? Hal ini bisa saja terjadi sebagai penanda bahwa kadar gula darah sedang tinggi.

Gula darah yang tinggi mengakibatkan kenaikan produksi insulin sehingga membuat banyak sekali masalah pada tubuh. Salah satu efek yang diberikan adalah energi yang tiba-tiba terkuras atau tidak stabil.

Pasang surut energi ini biasanya terjadi ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan manis.

Sering Merasakan Lapar

Kadar gula yang rendah biasanya membuat orang cenderung merasakan lemas, tapi hal ini juga bisa terjadi pada orang yang mengalami kondisi sebaliknya. Kondisi kadar gula darah yang sedang melonjak tinggi akan mempengaruhi siklus kelaparan pada tubuh. 

Hal ini diakibatkan karena tubuh sedang berusaha untuk membuat kadar gula darah kembali normal. Intinya kamu akan sulit merasa kenyang dan mudah lapar ketika kadar gula darah tidak berada pada kondisi yang normal. 

gula darah

Picture by : https://pict-b.sindonews.net

Sering Terjadi Masalah Pada Kulit

Jangan salahkan skin care yang kamu pakai ketika mengalami berbagai masalah pada kulit. Hal ini bisa saja terjadi karena kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan manis yang berlemak. 

Tubuh memiliki kesensitivitasannya tersendiri dengan kadar gula yang terus melonjak. Ketika kadar gula sedang tinggi maka tubuh akan mengeluarkan hormon lain dan mengakibatkan permasalahan kulit seperti gatal atau yang paling sering adalah jerawat pada wajah.

Jika kamu mengalami beberapa tanda-tanda di atas secara bersamaan ada baiknya untuk segera melakukan pengecekan pada kadar gula darah. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyakit ganas diabetes atau penyakit berbahaya lainnya.