Keram haid

Picture by: https://no.med-mash.ru/

Setiap wanita tentunya akan mengalami masa-masa tidak mengenakkan setiap bulannya atau yang biasa dikenal dengan istilah datang bulan, haid atau menstruasi dalam bahasa lainnya. Bagi yang selalu merasakannya setiap bulan, tentulah hal ini sangat menyebalkan. Aktivitas terganggu, pekerjaan tersendat sampai dengan performa diri menurun karena hal tersebut.

Saat menstrual period tersebut datang, banyak hal yang dilakukan orang untuk mengatasinya. Ada yang berhasil dengan satu cara saja, ada pula yang harus melakukan serangkaian metode. Nah, bagi kamu yang baru saja mengalaminya, yuk coba cara berikut ini untuk mengurangi rasa kram itu.

Usahakan untuk Tidur Meringkuk

Cobalah untuk membuatnya tidur dan meringkuk. Hal ini akan mengurangi rasa nyeri kram karena haid. Kram terjadi karena adanya kontraksi yang lebih kuat pada dinding rahim. Ketika kamu mencoba untuk meringkuk, maka kontraksi yang terjadi akan sedikit melemah. Hal ini yang akan membuat nyeri kram kamu berkurang. 

Cobalah Melakukan Olahraga 

Salah satu cara pereda rasa sakit alami adalah melakukan kegiatan yang dapat melepaskan endorfin. Dan olahraga dikenal dapat melepaskan endorfin tersebut. Tapi ketika kamu merasakan nyeri kram, hal ini membatasi ruang gerak kamu bukan? Jadi lakukan saja peregangan ringan atau latihan aerobik skala kecil. Bahkan ketika kamu melakukan olahraga secara rutin, hal tersebut akan membuat skala kram saat haid berkurang lho. 

Gunakan Air Hangat untuk Mengompres

Mengompres air hangat di sekitar perut bagian bawah dan punggung belakang digadang-gadang dapat mengurangi rasa sakit nyeri kram ketika haid. Dikarenakan ketika dikompres air hangat, maka otot yang tegang akan merasa rileks. Otak lah yang membantu mengirimkan sinyal nyaman, ketika kita bersentuhan dengan hal yang hangat.

Untuk mempermudah proses pengompresan kamu bisa memasukkan air ke dalam botol plastik atau kaca. Pastikan suhu berada di angka 40° – 50°C jangan sampai terlalu panas ya, karena ketika air terlalu panas akan membuat kulit kamu merah atau bahkan melepuh. 

keram haid 2

Picture by: https://media.suara.com/

Perbanyak Minum Air Putih

Kekurangan mengkonsumsi air putih bisa membuat tubuhmu dehidrasi. Hal inilah yang membuat perut kembung, yang akan memperparah sakitnya kram pada perut. Jadi, pastikan kamu untuk selalu mengkonsumsi air putih, setidaknya 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas berukuran 250ml. 

Ada baiknya untuk mengkonsumsi air putih hangat, karena air hangat akan memperlancar proses aliran darah dan dapat mengendurkan otot yang tegang. Disarankan untuk kamu juga mengkonsumsi banyak buah yang mengandung banyak air ya.

Kram saat haid memang sangat menyiksa bukan? Oleh karena itu cobalah beberapa cara di atas. Usahakan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi obat pereda nyeri jika memang kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara alami.