Makanan Ini Cocok untuk Kamu Penderita Diabetes

Picture by : https://www.bhf.org.uk

Menjadi seorang penderita diabetes membuat kamu harus lebih bisa menjaga makanan apa saja yang dapat masuk ke dalam tubuh. Jangan sampai kamu menghiraukan segala pantangan yang telah diberikan dokter hanya karena ingin mencicipi berbagai makanan dengan kadar gula yang tinggi.

Hal tersebut hanya akan memperparah kondisi penyakit dalam tubuhmu dan menjadikan semakin banyak pantangan ke depannya yang harus dilewati. Kunci utama untuk penderita diabetes adalah mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang terhitung rendah untuk menjaga kestabilan gula darah.

Lantas makanan apa saja sih yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes ini? Yuk langsung saja simak ulasan berikut.

Gandum

Salah satu makanan paling sehat adalah biji-bijian atau whole grain. Biji-bijian ini terbagi menjadi beberapa jenis, tapi jenis gandum atau whole wheat sangat difavoritkan sebagai salah satu makanan diet diabetes.

Gandum sendiri merupakan salah satu makanan yang memiliki tinggi serat dan glikemik yang rendah. Dua hal ini akan sangat menguntungkan untuk penderita diabetes karena dapat memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.

Selain itu gandum juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk memenuhi nutrisi penderita diabetes.

Sayuran Hijau

Ternyata beberapa sayuran memiliki cadangan glukida atau pati yang tinggi sehinga mengandung karbohidrat yang tinggi pula. Namun ada beberapa sayuran hijau yang memiliki kandungan pati rendah seperti brokoli, bayam, bok choy, kubis dan sawi.

Sayuran hijau tersebut selain memiliki kadar pati yang rendah juga mengandung antioksidan zeaxanthin dan lutein yang tinggi, sehingga dapat membantu meregenerasi macula dan katarak yang baik untuk mata.

Makanan Ini Sangat Cocok untuk Kamu Penderita Diabetes

Picture by : https://www.fitbase.com

Chia Seed

Chia seed merupakan makanan dengan serat yang tinggi dan kalori serta karbohidrat yang rendah. Dalam sebuah penelitian dalam 28 gram biji chia atau chia seed terdapat 11 gram serat. Sehingga kandungan ini sangat efektif untuk membuat kamu lebih cepat kenyang dan dapat mengurangi rasa lapar.

Keunggulan lain yang jika kamu mengkonsumsi chia seed adalah memperlambat proses penyerapan nutrisi dalam usus sehingga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Selain beberapa makanan di atas mengkonsumsi ikan juga sangat baik untuk penderita diabetes, hal ini dikarenakan beberapa jenis ikan memiliki kandungan lemak sehat. Lemak sehat inilah yang dapat membantu mengendalikan gula dalam darah dan juga menekan lemak darah. Jenis ikan yang disarankan adalah salmon, trout, ikan sebelah, tuna dan kembung.