kopi 2 min

Picture by: https://awsimages.detik.net.id/

Walaupun masih kurang populer, akan tetapi intermittent fasting mulai banyak dilakukan oleh para pencinta diet atau orang-orang yang ingin menurunkan berat badan atau yang ingin membentuk tubuh agar ideal. Selain caranya cukup mudah, banyak manfaat dari melakukan intermittent fasting ini.

Intermittent fasting sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, ada yang memiliki 6 jam jendela makan dan ada juga yang 8 jam jendela makan. Artinya, dalam waktu 24 jam, kamu hanya boleh mengonsumsi makanan dan minuman berkalori selama 6 atau 8 jam saja. Selain itu, kamu diwajibkan untuk berpuasa dan hanya boleh mengonsumsi minuman bebas kalori seperti air putih.

Selama melakukan intermittent fasting, kamu masih tetap diperbolehkan minum. Bahkan makanpun tetap diperbolehkan asalkan dalam jumlah yang sangat sedikit. Hanya saja, yang menjadi pertanyaan adalah ketika yang diperbolehkan hanyalah minum saja, apakah meminum kopi dapat membuat intermittent fasting menjadi berantakan?

Jawabannya adalah tidak. Hanya saja, kopi yang dapat kamu konsumsi bukanlah seperti kopi latte, kopi cream atau yang memiliki rasa dan manis khas tersendiri, melainkan kopi hitam pekat tanpa gula sedikitpun. Selama jam puasa, kamu boleh mengonsumsi kopi tanpa gula dan campuran bahan lain, baik itu dalam kondisi panas maupun dingin. Kopi murni memiliki kalori yang sangat rendah bahkan setara dengan air putih biasa.

kopi min

Picture by: https://s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/

Namun perlu kamu pahami juga, kopi memiliki beberapa efek terlebih untuk mereka yang tidak biasa mengonsumsinya. Misalnya saja, kopi bisa membuat aliran darah lebih cepat dan jantung berdebar. Kopi juga membuatmu terjaga lebih lama sehingga bisa jadi susah tidur di malam hari. Sedangkan saat melakukan diet, istirahat cukup di malam hari adalah hal yang sangat penting untuk menunjang penurunan berat badan.

Tidak hanya itu saja, konsumsi kopi juga bisa menyebabkan intensitas buang air kecil jadi jauh lebih sering. Jika kamu tidak mengimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup, maka tubuh bisa jadi kekurangan cairan.

Pada intinya, meski mengonsunmsi kopi bisa dilakukan saat intermittent fasting, namun air putih tetap yang terbaik. Saat bangun tidur, pastikan langsung minum air putih minimal 1 gelas penuh. Selama beraktivitas, biasakan juga minum air putih dengan jumlah cukup. Tidak masalah apakah itu air putih dingin atau hangat, selama tidak ada campuran bahan lain seperti pemanis.