Pengobatan Turun Menurun Ini Ampuh untuk Melawan Gejala Flu

Picture by : https://uw.edu

Salah satu penyakit yang sering terjadi di berbagai kalangan usia adalah flu. Tentu saja flu penyakit yang tidak boleh diremehkan. Hal ini dikarenakan flu dapat menjadi titik awal penyakit komplikasi yang berbahaya seperti covid19, infeksi sinus, infeksi telinga, radang paru-paru dan kegagalan berbagai organ dalam tubuh.

Tapi beberapa pengobatan rumahan yang diturunkan oleh nenek moyang ini ternyata cukup ampuh untuk melawan gejala-gejala penyakit satu ini. Oleh karena itu, sebelum meminum berbagai obat, coba deh untuk melakukan beberapa hal berikut ketika baru saja merasakan gejala ringan pada flu.

Perbanyak Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Mengkonsumsi makanan atau minuman hangat akan memberikan sugesti psikologis kenyamanan pada diri kamu. Selain itu mengkonsumsi sesuatu yang hangat akan membantu melegakan saluran napas pada tenggorokan, hidung bahkan akan memberikan efek hangat pada tubuh.

Kamu bisa mencoba meminum teh yang dicampur dengan lemon, susu hangat, jahe hangat atau bahkan air putih hangat. Untuk makanan disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan penuh serat dan protein yang menyehatkan seperti sup ayam dengan campuran bawang putih yang melimpah.

Menghindari Kegiatan Berat dan Perbanyak Istirahat

Dengan melakukan istirahat organ dalam tubuh akan dapat beroperasi dengan maksimal. Sehingga hal ini akan membantu tubuh kamu melawan infeksi virus yang masuk. Pastikan untuk perbanyak tidur dan hilangkan sejenak pikiran-pikiran tentang pekerjaan.

Perbanyak Konsumsi Madu

Pecinta manis akan senang mendengar hal yang satu ini. Untuk melawan gejala flu ringan pastikan untuk menjadikan madu sebagai alternatif pengganti gula. Madu merupakan salah satu bahan yang bersifat antimikroba sehingga dapat membooster sistem imun yang akan bekerja lebih efektif dan efisien dalam melawan peradangan akibat pilek.

Kamu bisa mengkonsumsi satu sendok madu yang telah dilarutkan dengan air hangat sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pagi dan malam. Selain baik untuk melawan pilek, air madu ini juga dapat mencegah dehidrasi lho.

Pengobatan Turun Menurun Ini Ampuh Melawan Gejala Flu

Picture by : https://www.sfmc.net

Gunakan Bantuan Humidifier

Cuaca dingin akan mengakibatkan gejala flu semakin parah, hal ini disebabkan oleh udara yang kering sehingga membuat tenggorokan dan hidung semakin gatal dan terganggu.

Untuk itu ada baiknya kamu menggunakan humidifier atau alat pelembap udara lainnya untuk mengatasi gejala flu khususnya pilek. Selain dapat melembapkan udara humidifier juga dapat membantu melegakan pernapasan, pastikan memilih aroma yang berbau mint, ginger dan lemon grass ya.

Keempat cara di atas patut dicoba ketika kamu mulai merasakan gejala flu ringan, pastikan untuk segera menghubungi dokter jika gejala tak kunjung reda. Semoga membantu!