Rambut bercabang

picture by : https://marieclarehair.co.uk

Rambut kering dan susah banget diatur? Mungkin kamu mengalami kerusakan yang disebut rambut bercabang. Selogan rambut adalah mahkota wanita, sekarang tak lagi bisa digapai deh. Tentunya ketika kamu merasa rambut berantakan, kusut dan mengembang mood akan rusak seketika. 

Oleh karena itu, sebelum sedih berkepanjangan ada baiknya untuk cari tahu apa sih penyebab rambut yang mudah bercabang ini? Jangan sampai kamu melakukan perawatan yang salah. Bukannya rambut kembali indah, yang ada malah mengalami kerusakan yang lain. 

Oleh karena itu, yuk simak ulasan apa penyebab rambut bercabang berikut. 

Bersikap Bodo Amat Ketika Rambut Terkena Panas Secara Langsung

Terik matahari mengakibatkan rambut kamu kering, hal ini lah yang menjadikan rambut mudah bercabang. Selain itu, penggunaan styling rambut setiap hari juga akan mengakibatkan kerusakan rambut bercabang hingga rambut patah lho. 

Hawa yang panas ini akan merusak akar rambut sehingga membuat rambut rapuh bahkan bisa merubah warna asli rambut kamu menjadi kemerahan. Itu lah mengapa ada julukan “anak layangan” pada orang yang memiliki rambut berwarna merah karena sinar matahari. 

Sering Melakukan Cat Rambut

Pewarnaan rambut menggunakan zat kimia terlalu sering akan mengakibatkan rusaknya lipid pada rambut. Lipid adalah molekul alami pada rambut yang meliputi lemak, sterol, vitamin, dan lilin. Molekul inilah yang akan memberikan kelembapan alami pada rmabut kamu. Selain itu lipid juga memiliki fungsi untuk menjaga serat rambut kamu agar tetap berada dalam satu kesatuan.

Sehingga ketika terlalu sering melakukan pengecatan rambut yang berakibat merusak lipid, maka rambut akan kering dan berakhir dengan banyak cabang. Kamu nggak mau kan memiliki rambut dengan warna cantik, tapi malah mengembang dan sulit diatur. 

Rambut rusak bercabang

 Menyisir Rambut Paksa 

Menyisir rambut dengan kasar dalam keadaan basah bukan hanya akan membuatnya rontok lho, tapi juga akan mengakibatkan rambut mudah bercabang. Kondisi rambut yang basah sangat rapuh dan rentan dengan yang namanya kerusakan. Jadi sangat disarankan untuk menyisir rambut pada saat sudah kering.

Jika memang sedang tergesa-gesa harus menyisir rambut dalam keadaan basah, kamu harus sangat pelan dan berhati-hati ya. 

Selain beberapa penyebab di atas, tidak menggunakan kondisioner dan serum rambut juga bisa membuatnya bercabang lho. Apa lagi kamu sangat rutin melakukan styling rambut, maka jangan sampai terlambat ya. Segera gunakan produk perawatan rambut dan hindari beberapa penyebab kerusakannya di atas!