Tanaman Obat yang Wajib Ada di Halaman Rumah Kamu

Picture by : https://mediaindonesia.com

Memiliki tanamanan di halaman rumah tentu saja banyak sekali manfaatnya, apa lagi jika yang ditanam merupakan tanaman obat serba guna. Hal ini dikarenakan beberapa tanaman ini dapat digunakan untuk menyembuhkan luka, menjaga kesehatan mulut, obat jerawat, antibiotic dan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Untuk kamu yang baru ingin memulai menaman tanaman obat, sebaiknya mengetahui terlebih jenis tanaman beserta manfaatnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, yuk langsung saja simak ulasan berikut!

Temulawak

Banyak sekali orang yang masih bingung untuk membedakan antara temulawak dan kunyit. Sebenarnya kamu dapat melihat perbedaannya hanya dengan melihat dari bentuknya saja, temulawak memiliki bentuk yang lebih besar dan cenderung lebih bulat jika dibandingkan dengan kunyit yang lebih ramping dan panjang. Selain itu warna dari temulawak ini lebih jingga.

Temulawak memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti kurkumin, kalsium dan kalium. Oleh karena itu temulawak biasa digunakan untuk membantu anti radang, mengurangi rasa pegal, mengatasi maag, mencegah penggumpalan darah, diare, kembung, sakit maag bahkan jantung.

Jahe

Tanaman yang satu ini sangat terkenal untuk menghangatkan tubuh terutama perut. Hal ini dikarenakan jahe memiliki kandungan serat, karbohidrat, fosfor, aneka vitamin, senyawa fenolik, enzim proteolik dan masih banyak lagi.

Tentu saja semua kandungan tersebut merupakan salah satu kandungan utama yang dibutuhkan untuk membuat obat herbal yang digunakan mengatasi mual, diare, nyeri dada, sakit punggung, nyeri otot dan saluran pernapasan.

Tanaman Obat Wajib Ada di Halaman Rumah Kamu

Picture by : http://lp2m.uin-alauddin.ac.id

Jintan Hitam

Obat jenis rempah-rempah lainnya adalah jintan hitam, tanaman yang satu ini sangat sulit ditemukan di pasaran, belum lagi harganya yang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan tanaman obat lainnya.

Jintan hitam mengandung minyak atsiri dan asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan penyakit kanker usus besar, diabetes, alergi, asma, gangguan pencernaan dan masih banyak lagi.

Selain itu jintan hitam juga salah satu obat yang sering dikonsumsi sejak di zaman Nabi Muhammad SAW. Cara pengolahannya yang mudah membuatmu wajib untuk memiliki tanaman satu ini di halaman rumah.

Ketiga tanaman obat di atas tidak memiliki pohon yang besar sehingga sangat cocok diletakkan di depan halaman rumah. Selain itu bunga yang dihasilkan oleh tanaman temulawak dan jintan hitam sangatlah cantik. Jadi, pastikan untuk menjadikan ketiga tanaman obat ini menjadi salah satu penghuni di halaman rumah kamu ya!