Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Jantung

Picture by : https://www.healthshots.com

Pusat tubuh manusia berada pada jantung, memiliki jantung yang kurang sehat akan membuat kinerja organ lainnya memiliki nilai fungsi yang berkurang. Hal ini dikarenakan jantung merupakan tempat pertukaran dan distribusi oksigen ke seluruh tubuh. 

Tapi ternyata beberapa kebiasaan sehari-hari ini bisa membuat kondisi jantung menjadi lebih prima lho. Penasaran apa saja sih kegiatan tersebut? Yuk langsung simak ulasan berikut. 

Melakukan Olahraga Ringan 

Melakukan olahraga ringan akan membuat kondisi jantung berdetak dengan stabil. Olahraga yang sangat direkomendasikan adalah berjalan kaki. Olahraga ini dianggap bagus untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Lakukan olahraga ringan ini 30 menit dengan kecepatan 5 hingga 7 km/jam. Akan lebih baik jika dilakukan 3 kali dalam seminggu. Selain itu melakukan olahraga ini secara rutin akan menurunkan resiko  penyakit kardiovaskuler, tekanan darah, kolesterol hingga menurunkan berat badan.

Sering Berkumpul Bersama Teman dan Keluarga

Tak bisa dipungkiri bahwa penyakit apa pun berpusat pada pikiran yang stress dan jenuh. Dengan berkumpul bersama teman dan keluarga akan mengurangi kadar stress karena pikiran dan tubuh merasa rileks. 

Bertukar pikiran dan bercanda ketika sedang berkumpul akan meningkatkan produksi hormone endorphin. Hormon ini sangat baik untuk menurunkan kadar stress dalam tubuh. 

Melakukan Sarapan 

Melakukan sarapan akan memperkecil resiko mengemil dan penambahan porsi makan di jam-jam berikutnya. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa dengan sarapan kondisi tubuh akan lebih stabil dan mengurangi resiko obesitas.

Kondisi badan yang obesitas akan menaikkan resiko terkena serangan jantung. Sarapan yang baik untuk tubuh adalah pada pukul 7 dengan komposisi makanan empat sehat lima sempurna. 

Kebiasaan Ini Baik untuk Kesehatan Jantung

Picture by : https://www.texomashomepage.com

Mengkonsumsi Ikan

Bahan makanan yang paling dianjurkan adalah ikan. Hal ini dikarenakan ikan mengandung omega-3 dan lemak tak jenuh. Kedua kandungan tersebut diketahui dapat melindungi jantung dan mencegah resiko pembekuan darah. 

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan 3 hingga 4 kali dalam seminggu, dengan pilihan ikan seperti salmon, makarel, sarden dan tuna. Semua jenis ikan tersebut sangat kaya akan kandungan omega-3.

Melakukan empat kebiasaan tersebut tidak akan ada manfaatnya jika kamu tetap tidak menjaga pola makan dan tidur dengan teratur. Jadi, di samping melakukan kebiasaan baik di atas, tetap pastikan kamu menjaga pola makan dengan baik ya.