olahraga

Picture by: https://hanakko.com

Menyempatkan untuk berolahraga di sela kesibukkan sehari-hari memang sedikit membebankan. Terkadang kamu lebih memilih untuk rebahan daripada melakukan aktifitas menyehatkan satu ini. Tentu saja beristirahat yang cukup juga penting bagi tubuh, tapi melakukan work out akan membantu kamu untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Darah sendiri berfungsi sebagai media transportasi untuk menyalurkan oksigen dan berbagai zat ke seluruh tubuh. Sehingga memiliki tubuh dengan sirkulasi darah yang lancar akan membantu kinerja organ lain untuk mengoptimalkan fungsinya. Dengan begitu mari ketahui manfaat dan jenis olahraga lain yang baik untuk sirkulasi darah.

Manfaat Olahraga Secara Langsung (Jangka Pendek)

Pada saat kamu melakukan olahraga, sudah dipastikan detak jantung akan meningkat dengan drastis. Momen inilah yang berfungsi memompa darah lebih keras sehingga mengingkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Oleh karena itu, darah akan mengalir dengan cepat dan proses penyaluran oksigen dan zat lain akan meningkat.

Manfaat Olahraga Jangka Panjang

Ketika kamu memutuskan untuk melakukan olahraga secara rutin dengan menjadwalkannya setiap minggu, maka hal ini akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan memperkuat jantung.

Hal ini sudah terbukti bahwa orang yang melakukan olahraga secara teratur memiliki tekanan darah yang cenderung normal dan stabil. Selain itu hal ini juga bermanfaat untuk mengontrol sensitivitas insulin dan mengurangi resiko obesitas.

Untuk jenis olahraganya sendiri sangat mudah dilakukan, berikut beberapa jenis olahraga yang dapat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh kamu.

Melakukan Senam Lilin

Sirkulasi darah yang buruk akan mempengaruhi aliran darah di area-area tertentu yang jauh dari jantung, seperti kaki. Sehingga melakukan senam lilin dengan pose, mengangkat kaki ke atas akan meningkatkan aliran darah dari bagian bawah.

Lakukan olahraga ini 5-15 menit perharinya, kamu bisa sambil melakukan latihan pernapasan saat melakukan senam lilin untuk menjaga keefetivitasan sirkulasi darah.

olahraga 2

Picture by: https://cms.sehatq.com

Melakukan Jalan Cepat

Olahraga lain yang sangat mudah dan tidak memerlukan banyak alat adalah melakukan jalan cepat. Kamu bisa melakukan olahraga ini minimal satu minggu sekali dengan durasi 20-30 menit. Melakukan olahraga ini dikenal dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan baik, bahkan sangat bermanfaat untuk penderita arteri perifer.

Banyak sekali manfaat dari olahraga yang bisa kamu dapatkan, selain mendapatkan tubuh yang sehat kamu juga akan mendapatkan tubuh yang ideal. Pastinya banyak sekali olahraga yang bisa kamu lakukan, baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. Jadi, jangan sampai rugi jika waktu berliburmu tidak disempatkan untuk berolahraga ya!