jahe FILEminimizer

Tanaman Jahe pertama kali di perkirakan tumbuh di Negara India. Namun ada juga yang berpendapat jika tanaman jahe berasal dari Negeri China. Mulai dari negara barat, tanaman jahe dibawa untuk rempah perdagangan mulai dari Asia Tenggara, Jepang, Tiongkok, hingga ke Timur Tengah.

Tanaman jahe pada masa kolonialisme, dipergunakan untuk rempah baik seperti obat dan bumbu untuk penambah cita rasa pada masakan. Tanaman jahe mampu memberikan aroma hangat dan pedas pada makanan, maka jahe menjadi komoditas yang cukup populer di Eropa pada masanya.

Tumbuhan Jahe (Zingiber officinale Rosc.) ialah salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam suku Zingiberaceae. Nama “Zingiber” yang bermula mulai dari bahasa Sanskerta “singabera” (Rosengarten 1973) & Yunani “Zingiberi” (Purseglove et al. 1981) yang berarti tanduk, dinamakan demikian sebab bentuk rimpang jahe yang mirip dengan tanduk yang dimiliki oleh hewan rusa.

Di sejumlah Negara di dunia terdapat beberapa jenis varian jahe yang keberadaannya sangat digemari oleh masyarakat, dan semuanya bermanfaat untuk kebugaran. Seperti pemanfaatan untuk kecantikan dan bumbu rempah masakan, bahkan tidak sedikit manusia yang memanfaatkannya untuk dijadikan wedang jahe.

Berikut ini manfaat dari tanaman jahe untuk kesehatan tubuh:

Mengkonsumsi jahe mampu membantu menurunkan berat tubuh

Tanaman jahe memiliki manfaat selama melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh. Di lain sisi jahe menyumbang sedikit kalori oleh karena itu tidak mempunyai fungsi besar untuk mampu menambah berat badan.

Mengkonsumsi jahe mampu menyehatkan jantung

Jika di dalam tubuh Anda terkandung banyak kadar kolesterol dan minyak yang menggambarkan susunan dari lemak nabati dan hewani bisa meningkatkan risiko terkena masalah jantung. Ternyata jahe memiliki fungsi menurunkan kandungan triglyceride dan kolesterol yang berlebih dalam badan.

Mengkonsumsi jahe mengatasi rasa mabuk saat perjalanan

Minum secangkir air jahe hangat sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan, dapat membantu mencegah mabuk perjalanan karena sifat jahe sebagai anti-mual.

Mengkonsumsi jahe mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti rasa keram dan nyeri pada perut contohnya saat akan datang masa haid bisa diminamilisir dengan mengkonsumsi air jahe hangat secara rutin.

Mengkonsumsi jahe mengatasi morning sickness

Beberapa dari Anda yang sedang hamil terkadang akan mengalami mual-mual pagi atau yang dikenal dengan morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Nah, untuk mengurangi rasa mual yang terjadi, Anda dapat mengkonsumsi wedang jahe hangat setiap kali merasakan mual, terutama saat bangun tidur di dini hari.

jahe 2 FILEminimizerMengkonsumsi jahe secara rutin mengantisipasi kanker usus

Salah satu universitas di Amerika Perkumpulan (AS) mengemukakan bahwa rutin konsumsi panganan ataupun minuman yang berbahan jahe mampu mengantisipasi masalah kanker usus besar.

Mengkonsumsi jahe membantu meringankan sakit kepala

Seharian bekerja kadang merasa penat dan bisa menyebabkan stres berlebih yang mampu berisiko terserang penyakit lain. Maka pulang kerja cobalah untuk duduk santai di taman sambil menikmati hangatnya secangkir jahe hangat, yang membantu otak lebih fres dan tubuh terasa nyaman.

Mengkonsumsi jahe dapat mengobati alergi

Salah satu keuntungan jahe sebagai anti-alergi, dimana pada jahe terkandung senyawa yang efektif mampu mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus bisa mengobatinya.

Mengkonsumsi jahe mengobati rematik

Jahe ternyata memiliki manfaat mengobati Anda yang memiliki penyakit rematik. Dengan cara membakar jahe di atas barah panas atau bara setelah cukup kecoklatan, lalu tumbuk hingga lembut, dan terakhir Anda aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena rematik.

Mengkonsumsi jahe meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jahe dapat menaikkan sistem kekebalan badan, dengan metode menaikkan sistem dalam badan yang sering kali dikenla dengan imun atau imunitas.

Jikalau antibodi (imun) dalam badan anda kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang badan mampu di tangkal. Demikianlah pembahasan perihal manfaat jahe untuk kesehatan badan, semoga berfungsi bagi kita semua.