Tidur nyenyak

Beberapa fakta akibat kesulitan tidur adalah dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Kurang tidur juga bisa mengakibatkan sering sakit kepala atau sulit berkonsentrasi, lekas marah, kelelahan di siang hari, bangun sepanjang malam.
Kebiasaan tidur yang sehat dapat membuat perbedaan cukup besar dalam kualitas hidup Anda. Cobalah beberapa cara dibawah untuk di praktikan secara konsisten:

  1. Tetapkanlah jadwal waktu untuk tidur anda dan bangun bisa sesuai dengan waktu setiap harinya, lakukan hal ini bahkan diwaktu akhir pekan. Cara ini dapat membantu mengatur pola jam tubuh, sehingga dapat merangsang anda untuk tetap dapat tertidur di malam hari.
  2. Apabila anda kesulitan untuk tidur, hindari tidur di siang hari, terutama tidur pada sore hari.
  3. Berolah ragalah, dengan olahraga teratur badan akan menjadi lebih rileks, dan bisa menambah rasa lelah ketika di malam hari. Bahkan apabila kita melakukan olahraga ringan akan jauh lebih baik daripada tidak melakukan aktivitas sama sekali.
  4. Berlatih untuk bisa tidur santai, karena aktivitas santai dan tidur rutin tepat waktu adalah aktivitas yang dapat menyebabkan perasaan gembira, stres atau kecemasan yang bisa membuat lebih sulit untuk tertidur.
  5. Atur ulang kamar anda. Karena ruangan yang nyaman akan menentukan kondisi yang anda butuhkan untuk tidur. Kamar tidur anda harus sejuk, Usahakan kamar tidur anda harus terbebas dari kebisingan yang bisa mengganggu kenyamanan tidur anda. Ini termasuk gangguan tidur pasangan tidur anda seperti suara mendengkur. Kamar tidur harus terbebas dari cahaya apa pun. anda bisa menggunakan pelindung mata, menutup telinga, menutup ventilasi udara, dan rutin membersihkan kipas angin.
  6. Aturlah ketajaman cahaya terang untuk membantu mengatur pencahayaan kamar sesuai dengan kebutuhan anda. Hindari juga pemakaian cahaya yang terlalu terang di malam hari.
  7. Pastikan kasur dan bantal anda nyaman. Karena memiliki Kasur dan bantal yang nyaman akan membuat ruangan menarik sehingga akan mengundang anda untuk tidur.
  8. Hindari mengkonsumsi alkohol, rokok, dan makanan berat di malam hari.karena alkohol, rokok, dan kafein bisa mengganggu tidur anda. mengkonsumsi makanan berat atau pedas bisa mengakibatkan ketidaknyamanan karena terganggunya proses pencernaan yang bisa menjadi penyebab sulit tidur. Apabila memungkinkan, hindarilah makan dalam porsi besar selama dua hingga tiga jam sebelum anda tidur.
  9. Tubuh kita perlu waktu untuk beradaptasi untuk tidur, jadi cobalah melakukan kebiasaan seperti membaca satu jam sebelum tidur sebagai relaksasi. Apabila sulit tidur, hindari penggunaan barang elektronik sebelum tidur. Sebab jenis pancaran cahaya tertentu yang dihasilkan dari layar perangkat ini akan aktif di otak.
  10. Apabila anda masih juga mengalami kesulitan tidur, jangan pernah ragu untuk mengkonsultasikan dengan dokter.Tertidur