ikan gabus

Ikan gabus (Channa Striata) adalah salah satu jenis ikan segar, yang dapat di temukan di perairan Indonesia seperti sungai, danau, rawa dan bahkan sawah. Habitatnya yang mudah ditemukan dan memiliki kandungan nutrisi yang melimpah membuatnya populer di dalam dan sekitar komunitas. Bahkan saat ini, tidak sedikit juga dari masyarakat yang membudidayakan

Dilihat sepintas ikan gabus memiliki bentuk seperti ikan lele. Bahkan ikan gabus bisa bertahan di tanah dalam waktu yang lama, karena ikan gabus itu sendiri sudah di ketahui bisa bernafas langsung dengan udara luar. Namun yang membedakannya ikan gabus tidak memiliki kumis dan warnanya tidak terlalu gelap seperti ikan lele.

Selain karena habitatnya yang mudah ditemukan, popularitas ikan gabus juga semakin memuncak setelah diketahui di dalamnya mengandung banyak nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan serta kecantikan pada wajah. Ikan gabus juga dikenal sebagai ikan yang memiliki protein albumin tertinggi dibandingkan dengan spesies ikan lainnya seperti ikan lele, bandeng, gurami, nila dan lainnya.

Berikut adalah manfaat ikan gabus untuk kesehatan secara keseluruhan yang perlu Anda ketahui.

Meningkatkan albumin pada tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya ikan gabus memiliki kandungan sumber protein albumin yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kadar albumin dalam darah jika kita mengkonsumsinya secara rutin.

Membantu pembentukan dan pertumbuhan otot

Kandungan protein yang terkandung dalam ikan gabus di ketahui lebih tinggi di bandinkan lele, ayam dan sapi. Ini sangat menguntungkan bagi Anda karena banyak membantu dalam proses pembentukan otot di tubuh.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Daging ikan gabus yang kaya akan kandungan protein albumin juga memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka tubuh, terutama penyembuhan pasca operasi perut atau caesar. Kandungannya mampu membantu melakukan pembentukan sel dan jaringan baru di bagian tubuh yang telah rusak oleh pembedahan ataupun karena luka.

Membantu mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh

Kandungan albumin pada ikan gabus juga diketahui berfungsi dalam menjaga stabilitas pengaturan cairan dalam tubuh. Jika tubuh Anda kekurangan cairan, maka protein yang masuk ke tubuh akan pecah dan tidak bisa berfungsi secara normal.

Menjaga agar pencernaan yang sehat

Tidak hanya enak untuk dimakan, ikan gabus yang memiliki struktur daging yang lebih empuk itu sehat untuk dikonsumsi tanpa khawatir akan pencernaan karena sangat mudah dicerna. Ini karena ikan gabus mengandung protein kolagen yang lebih rendah dari kadar protein yang terkandung dalam ikan lain. Tepatnya hanya 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.

Membantu menyembuhkan penyakit

Beberapa ahli meneliti jika mengonsumsi ikan gabus yang kaya albumin dapat membantu mempercepat proses penyembuhan berbagai jenis penyakit seperti hepatitis, infeksi paru-paru, penyakit tiroid, diabetes, stroke, dan banyak lainnya.

Makanana bergizi untuk anak autis

Ikan gabus juga diketahui mengandung senyawa yang berfungsi sebagai asupan nutrisi sampingan untuk membantu penyembuhan pada anak autis.

ikan gabus 3 FILEminimizer

Mengatasi pembengkakan di tubuh

Selain mempercepat penyembuhan luka, kandungan albumin yang ditemukan pada ikan gabus juga membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di tubuh Anda. Mengkonsumsi ikan gabus secara rutin pasca selesai operasi akan menyembuhkan pembekakan yang terjadi pada lukanya.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Jika akhir-akhir ini Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk, cobalah rajin mengonsumsi ikan gabus ini. Diketahui bahwa ikan ini dapat membantu tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda tidak akan rentan terhadap berbagai jenis penyakit baik karena faktor cuaca lain.

Menjaga kesehatan mata

Jika ingin memiliki mata sehat, maka rajin mengonsumsi vitamin A. Satu-satunya sumber vitamin A yang cukup tinggi terkandung dalam ikan gabus. Di dalamnya diketahui terkandung 150 g vitamin, yang tentu saja sangat bergizi untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Makanan yang bagus dikonsumsi penderita diabetes

Penderita diabetes sering bingung memakan makanan apa yang bisa memenuhi kalori harian mereka. Karena itu, penderita diabetes sendiri tidak boleh makan nasi putih karena takut menaikkan kadar gula darah. Namun ternyata dengan rutin mengonsumsi ikan gabus dapat memenuhi kebutuhan kalori Anda sebagai penderita diabetes.

Bagus untuk wanita hamil

Bagi wanita yang sedang hamil, biasanya banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi banyak protein hewani seperti ati ayam, ikan dan telur. Sedangkan untuk banyak jenis ikan air tawar, ikan gabus di ketahui lebih banyak memiliki manfaat dan manfaat. Kandungan proteinnya cukup tinggi di yakini sangat baik untuk pertumbuhan rahim ibu hamil dan juga janin.

Membantu pertumbuhan tulang dan gigi

Kalsium dan fosfor adalah jenis mineral yang sangat dibutuhkan manusia, untuk mencapai pertumbuhan tulang dan gigi yang maksimal. Ikan gabus sendiri mengandung banyak kalsium sekitar 60 mg / 100 gram dan juga sekitar 70 mg / 100 gram fosfor. Jadi tidak jarang ini sering didengar sebagai manfaat ikan gabus untuk anak-anak. Maka daging ikan gabus ini sangat cocok di konsumsi oleh balita hingga lansia, pertumbuhan dan kepadatan tulangnya terjaga secara maksimal.

Menambah berat badan

Salah satu faktor untuk dapat menambah berat badan adalah dengan banyaknya mengkonsumsi karbohidrar. Banyak protein hewani yang sangat baik dalam meyakini kenaikan berat badan. Kombinasi karbohidrat dan protein juga dapat memicu pembentukan sel. Tapi tetap hati-hati dari lemak alias kolesterol jahat. Ikan gabus itu sendiri memiliki sifat meningkatkan berat badan tanpa lemak berlebih.