membaca buku penting

Picture by: https://cdn.sindonews.net/

Membaca buku itu seperti halnya membuka jendela dunia untuk mengetahui informasi apapun sekaligus dapat membantumu tumbuh secara mental, emosional dan psikologis. Hal itu disebabkan karena setiap buku memberikanmu kesempatan untuk mengetahui dan mempelajari hal baru, memberikan hiburan dan juga dapat membantumu mengembangkan ide-ide baru. 

Tapi manfaat membaca buku itu tidak hanya terbatas pada hal-hal yang disebutkan di atas saja. Ada banyak manfaat gemar membaca buku yang mana sangat berguna untuk pengembangan diri. Berikut daftarnya.

Membantumu untuk Dapat Lebih Mudah Fokus dan Konsentrasi

Teknologi digital dan internet seperti sekarang ini memang dapat dikatakan sangat merevolusi kehidupan manusia dan peradabannya. Tapi bukan berarti teknologi digital dan internet selalu bagus untuk manusia, karena ada juga hal negatif dan kemunduran yang terjadi. Hal itu dapat dibuktikan dengan semakin asiknya dan lamanya seseorang menghabiskan waktu berselancar di internet, berinteraksi sampai dengan menonton video, maka tanpa sadar mereka akan semakin mudah tidak sabaran dan kehilangan fokus. 

Penyebabnya adalah dengan internet, setiap orang dapat dengan mudah melakukan skip atau melewatkan halaman atau hal lain yang tidak diinginkannya. Hal tersebut tidak terjadi ketika kamu membaca buku. Dengan membaca buku, maka kamu akan dipaksa untuk terus fokus dan meningkatkan daya konsentrasi. Alasannya adalah karena tidak ada tombol next page atau sejenisnya di buku dan ketika kamu langsung membalik halaman yang belum kamu baca hanya karena tidak suka, maka kamu akan kehilangan informasi sebelumnya.

membaca buku penting 2

Picture by: https://risetcdn.jatimtimes.com/

Membantu untuk Meningkatkan Kesehatan Memori Otak

Ada banyak hal yang perlu kamu ingat ketika membaca buku. Mulai dari jenis tulisan, gaya bahasa, penceritaan sampai dengan plot dan sub-plotnya. Semua itu adalah informasi penting yang harus diingat agar kamu tidak kebingungan ketika sudah membaca halaman per halaman. Manfaat dari hal tersebut adalah dapat membantumu meningkatkan kinerja dan kesehatan memori otak alias daya ingat.

Membantumu Menyadari Bahwa Sendiri Itu Bukan Satu Hal yang Buruk

Apabila kamu termasuk seorang pembaca buku yang sangat aktif atau dapat dikatakan sebagai kutu buku, maka dapat dikatakan juga bahwa kesepian itu tidak ada dalam kamusmu. Alasannya adalah kamu selalu memiliki dunia sendiri ketika sedang membaca buku. Kamu akan selalu merasa tertarik untuk berada di dunia tersebut dan tidak lagi merasa sendirian adalah satu hal yang menyedihkan.

Jadi jangan takut dikatakan sebagai seorang kutu buku atau sejenisnya, karena orang-orang tersebut tidak mengetahui betapa mengasikkannya membaca buku.