Tanaman 5

Picture by: https://i1.wp.com/

Memiliki garis keturunan dari keluarga yang gemar bercocok tanam atau tidak, tetap saja, saat kamu memiliki kebun atau setidaknya tanaman dalam pot, tetap saja menjaga mereka untuk tetap hidup diperlukan kerja keras. Bahkan kamu juga perlu untuk memiliki pengetahuan tentang tanaman lebih dari yang orang awam ketahui. Mulai dari tentang perawatan, pemberian air dan pupuk sampai dengan metode penjemurannya. Berikut ini adalah step awal untuk memulai hobi bercocok tanam. 

Periksa Tanaman dengan Hati-hati Sebelum Membeli

Cara termudah untuk membatasi penyakit adalah dengan menghindarinya sejak awal. Pastikan tanaman sehat sebelum ditanam dengan memeriksa daun apakah ada tanda-tanda bercak, jamur, atau bagian yang mati.

Periksa akar tanaman sebelum membeli atau menanam dengan meletakkan tangan di permukaan tanah dengan batang tanaman di antara jari-jari. Balikkan pot dengan hati-hati dan tepuk perlahan tepi pot ke permukaan yang kokoh untuk melepaskan akar dari pot. Akar harus kokoh yang biaranya berwarna putih. Akar yang berwarna gelam dan lembek adalah jenis akar yang buruk.

Pilih dan Gunakan Pot yang Tepat

Jika kamu membeli tanaman itu dengan tujuan untuk dapat kamu masukkan ke dalam rumah atau sebagai tanaman hias indoor, maka tentunya yang dibutuhkan adalah pot yang bagus dan tepat untuk digunakan sebagai ‘rumah’ tanaman tersebut. Memang terkadang ketika membeli tanaman hias, pihak penjual menjualnya sekalian dengan pot plastik standar sebagai wadah.

Nah kalau kamu ingin mengganti pot yang sebelumnya, maka kamu juga perlu memperhatikan masalah ukuran. Sebagai bahan pertimbangan adalah kamu harus mengetahui apakah nantinya tanaman yang kamu tanam itu bakal terus tumbuh besar atau tidak. Jika iya, maka yang kamu butuhkan adalah wadah yang besar agar nantinya akar tanaman tidak menyeruak dan merusak bagian bawah pot. Pilihlah juga yang memiliki lubang di bagian dasarnya. Untuk desain, warna dan juga modelnya, hal itu tergantung selera pribadi-pribadi.

Ingat, jika air terkumpul di dasar pot, maka dapat menyebabkan busuk akar yang pada akhirnya membunuh tanaman secara perlahan.

tanaman 4

Picture by: https://blogpictures.99.co/

Mengetahui Jenis Tanaman yang Ingin Ditanam

Di dunia ini ada banyak sekali jenis tanaman yang dapat kamu tanam sebagai tanaman hias atau di kebun. Ada yang memiliki pertahanan cukup kompleks terhadap serangan hama dan patogen dan ada pula yang gampang mati. Maka, kamu harus pintar-pintar memilih dan mengetahui jensi tanaman mana yang kamu inginkan.

Sebagai cara yang terbaik untuk dapat dilakukan adalah dengan cara menanyakan atau berkonsultasi langsung kepada pihak penjual dengan mengutarakan jenis tanaman seperti apa yang kamu mau. Para penjual yang sudah berkecimpung dalam dunia tanaman, pastinya sudah mengerti segala tentang itu serta dapat membantumu mengidentifikasi varietas tanaman terbaik dan terkuat seperti yang ingin kamu tanam.