Lidah buaya telah ada selama bertahun-tahun. Orang-orang telah menggunakan tanaman berlendir ini sejak sebelum tetangga saya lahir.

Lidah buaya yang terkenal dengan sebutan aloe vera adalah tanaman hebat yang dapat digunakan dalam berbagai cara kreatif yang berbeda. Jika Anda memiliki rambut panjang atau tertarik untuk menjaga rambut Anda agar sehat, aloe vera bisa menjadi pilihan obat perawatan rambut secara natural.

Manfaat Aloe Vera untuk perawatan rambut Anda:

  • Mengurangi ketombe: Aloe Vera membantu mencegah kekeringan pada kulit kepala tanpa meninggalkan rasa berminyak atau berminyak. Sehingga dapat membantu Anda menghilangkan ketombe dan serpihan yang mengganggu berupa jamur di kepala. Sebagai manfaat tambahan membuat kulit kepala Anda terasa segar.
  • Melindungi rambut: Aloe Vera dapat melindungi rambut Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh debu dan polusi.
  • Mengurangi sebum: Sebum menjaga kulit kepala terhidrasi. Namun, ketika kelebihan sebum diproduksi, ia menumpuk di kulit kepala. Ini dapat menyumbat pori-pori dan mencegah rambut baru tumbuh.
  • Meningkatkan pertumbuhan rambut: Aloe Vera meningkatkan sirkulasi darah ke zona yang ada pada kulit kepala. Jika diterapkan pada kulit kepala, akan meningkatkan aliran darah dan memberikan nutrisi yang lebih baik ke sel-sel di daerah ini, meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan fungsi folikel rambut.
  • Menyediakan vitamin dan mineral: Aloe Vera memiliki banyak vitamin dan mineral yang menyehatkan kulit kepala. Ini mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan E. Kombinasi vitamin ini menghasilkan rambut yang lebih kuat.

Dari manfaat yang ada pada aloe vera Anda bisa langsung mempraktekkan pada rambut sebagai bahakn perawatan rambut Anda. Saya rasa Aloe Vera tidak terlalu sulit ditemukan disekitaran rumah atau supermarket dengan harga yang terjangkau. Untuk mempraktekkannya secara langsung, caranya: campurkan 1 sdm gel lidah buaya dan 1 sdm minyak jojoba, lalu oleskan campurannya ke rambut Anda. Anda dapat menggunakan botol semprot untuk mempermudah.

5 Cara Membuat Masker Rambut Dari Aloe Vera & Campuran Bahan Alami Lain

Ada beberapa campuran aloe vera yang bisa Anda buat di rumah untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Cobalah beberapa cara ini hingga Anda menemukan bahan alami yang sesuai dengan kondisi rambut Anda, karena tidak semua bahan campuran aloe vera saat perawatan cocok untuk rambut Anda.

Aloe vera & Madu

Bahan :

1/2 sendok makan gel aloe vera

1 sdt madu

Cara membuat & menggunakannya:

Campur bersama gel aloe vera dan madu, selanjutnya oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama 20 menit dan cuci rambut. Anda dapat menggunakan masker rambut ini setiap hari atau setidaknya 4 kali seminggu untuk melihat hasilnya.

Hanya Aloe vera

Bahan:           1/2 sendok makan gel aloe vera

Cara membuat & menggunakannya:

Pisahkan gel dengan bagian hijau dari aloe vera dan potong kecil-kecil, selanjutnya oleskan ke kulit kepala. Biarkan meresap dalam semalam untuk membiarkan semua jamur dan kotoran keluar.

Anda dapat menggunakan ini sebagai masker dan biarkan selama Anda suka, atau menggunakannya sebagai kondisioner saat Anda mandi.

Aloe vera & Bawang Merah

Mendengar bawang untuk perawatan rambut mungkin terdengar awam bagi Anda. Tapi taukah Anda bawang merah kaya akan belerang yang dapat mencegah rambut rontok. Bumbu dapur ini juga kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi rambut Anda dari risiko beruban lebih awal.

Bahan :

1/2 sendok makan gel aloe vera

3 buah bawang mera

Cara membuat & menggunakannya:

Tambahkan potongan kecil gel aloe vera tanpa kulit hijau dan potongan bawang ke sampo yang biasa Anda gunakan. Gunakan seperti hair mask selama 15 menit dan bilas setelahnya. Gunakan masker rambut aloe vera dan bawang merah secara teratur setiap 2 hingga 3 kali seminggu.

Aloe vera & Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat banyak manfaatnya untuk tubuh manusia dengan kandungannya yang kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin E, ternyata memiliki manfaat pada rambut mampu menembus batang dan menyeimbangkan kembali kemampuan rambut untuk menahan kelembapan.

Selain itu kandungan vitamin E di dalam minyak zaitun berfungsi untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas dari paparan sinar matahari dan polusi. Manfaat ini dapat bertahan hingga rambut dicuci satu kali dalam smeinggu. Jadi jika minyak zaitun dicampur dengan gel aloe vera, akan memiliki manfaat yang baik untuk perawatan rambut Anda.

Bahan :

2 sdm minyak zaitun

1/2 cangkir gel lidah buaya

Cara membuat & menggunakannya:

Blender kedua bahan dan pijat ke rambut dari akar sampai ujung. Biarkan selama 15 hingga 20 menit dan cuci rambut secara normal.

Aloe Vera & Lemon

Salah satu buah yang memiliki manfaat untuk perawatan rambut adalah buah lemon. Dilansir dari laman stylecraze.com, buah lemon dipercaya mampu mengatasi masalah rambut rontok. Nutrisi yang terkandung di dalam buah lemon dipercaya bisa membuat akar rambut jadi makin kuat, mencegah ketombe hingga menyehatkan kulit kepala. Nah, mengapa tidak Anda membuat masker rambut gel aloe vera yang dicampur dengan buah lemon untuk merawat rambut Anda.

Bahan:

1/2 cangkir gel aloe vera

1 sdt jus lemon

Cara membuat & menggunakannya:

Blender bersama, oleskan ke rambut, dan biarkan selama 30 menit. Bilas rambut setelah 30 menit dengan shampoo, dan lakukan perawatan ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk menghasilkan rambut yang kuat dan berkilau.

Bagaimana sudah siap melakukan perawatan rambut dirumah sendiri dari masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Anda jadi tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk produk salon untuk memiliki rambut panjang, indah dan sehat. Alam menawarkan banyak pilihan untuk kulit kepala yang sehat dan rambut yang patut ditiru. Terkadang produk kecantikan terbaik bisa di dapur kita atau di kebun kita!